Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana

  • Alvin Cherstiawan

Abstract

Abstract — Keputusan pembelian merupakan kunci dalam membeli sebuah barang. Keputusan pembelian sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya Kepercayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Kerpecayaan, Persepsi Harga, dan Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Penelitian ini dilakukan untuk melihat Tokopedia merupakan toko online nomor 1 secara pencarian terbanyak di indonesia pada tahun 2017, lalu peneliti ingin mengukur variabel yang ia pilih antara lain, Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Promosi apakah berpengaruh dalam Keputusan pembelian di Tokopedia.Di samping itu peneliti melihat adanya masalah yang di hadapi Tokopedia yaitu adanya proses verifkasi yang cenderung membuat pengguna kerepotan dan proses penerimaan pesanan yang cenderung lama dibandingkan toko online lainnya Penelitian ini menggunakan program SPSS dan SMART PLS untuk pengujian data, dengan uji Validitas, Reliabilitas, Covergent Validity, Discriminant Validity, Average Variance Extracted, Goodness-Fit Model (R square), dan Uji T Dari penelitian ini variabel Kepercayaan dan Persepsi harga tidak berpengaruh signifkan terhadap Keputusan pembelian. Sementara variabel promosi berpengaruh signifkan positif terhadap Keputusan pembelian.

Keywords — Kepercayaan, Persepsi Harga, Promosi, Keputusan pembelian.

Published
2020-02-24
How to Cite
Cherstiawan, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana. Ilmiah Manajemen Bisnis, 19(2). Retrieved from http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/IMB/article/view/1824