PENGEMBANGAN APLIKASI GAME MOBILE “BATIK YUK” BERBASIS ANDROID

  • Fidelson Tanzil Bina Nusantara University
  • Alvina Aulia
  • Muhammad Randy Rahaja Machyar
  • Erikson Fedrosa Sembiring
  • Muhammad Ridwan

Abstract

Pengembangan aplikasi ini mempunyai tujuan untuk memberikan sebuah pembelajaran dan media informasi yang menarik mengenai ornamen batik yang ada di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi game ini adalah pengumpulan data, dengan membuat kuesioner, studi literatur, mencari sumber-sumber yang berkaitan melalui buku, jurnal, e-book, ataupun artikel. Perbandingan aplikasi game sejenis, melakukan perbandingan terhadap aplikasi game yang memiliki konsep, fitur, dan tema yang sama dengan game yang ingin dibuat. Metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan game ini adalah scrum, yang memiliki empat pola proses, yaitu Backlog, Sprint, Scrum Meeting, dan Demo. Pemilihan scrum dikarenakan agar lebih efisien saat terjadi kesalahan dan dapat dilakukan pengulangan saat kesalahan tersebut terjadi di tengah proses. Storyboard digunakan untuk merancang UI dari layar ke layar mengenai aplikasi game ini. Hasil yang diperoleh dari perancangan ini menunjukkan bahwa pengguna dapat merasakan pengalaman bermain yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendapatkan pembelajaran melalui media informasi mengenai ornamen yang terdapat di dalam motif batik serta makna dari ornamen-ornamen tersebut.

Kata Kunci: Ornamen Batik, Game Edukasi, Aplikasi Game, Unity, Scrum
Published
2018-08-09