PENGEMBANGAN PERMAINAN “RUN BOBBY! FOOD!” DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT KINECT

  • Yohan Muliono
  • Handy Handy
  • Ellys Ellys
  • Kelvin Chandra
  • Rhio Sutoyo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah permainan pada platform PC dengan menggunakan teknologi Microsoft Kinect. Teknologi ini digunakan untuk menyediakan pengalaman bermain yang lebih baik sehingga bisa lebih menarik perhatian pengunjung pameran. Microsoft Kinect digunakan untuk mendeteksi gerakan tubuh manusia sebagai pemain. Selain itu, Kinect juga digunakan sebagai media interaksi antara aplikasi dengan pengguna. Metode penelitian yang digunakan dibagi menjadi identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan aplikasi, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, studi pustaka, dan wawancara kepada ahli. Perancangan aplikasi “Run Bobby! Food!” dilakukan dengan metode perancangan aplikasi scrum. Evaluasi dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu kuesioner dan wawancara kepada ahli. Hasil dari penelitian ini adalah 96,1% responden puas dengan aplikasi.

Kata Kunci: computer vision, exhibition, kinect, object detection, scrum

Published
2018-08-09