https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/issue/feed Ilmiah Manajemen Bisnis 2025-01-08T00:00:00+00:00 Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis jimb@ukrida.ac.id Open Journal Systems Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/3283 Pengaruh Brand Ambassador dan Tagine terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Mediasi Brand Awareness Pada Produk Scarlatte Whitening 2024-07-12T04:32:50+00:00 Widi Nurfadillah widinf01@gmail.com Bachtiar Rifai saffafather@gmail.com Asep Syiarudin syiarudinasep@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>brand ambassador </em>dan <em>tagine</em> terhadap keputusan pembelian <em>online</em> dengan mediasi <em>brand awareness</em> pada produk Scarlatte Whitening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui <em>survey online</em>. Pengumpulan data penelitian didapatkan dengan membagikan kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form. Jumlah sampel yang diolah menjadi data penelitian sebanyak 53 responden. Teknik pengolahan data menggunakan Uji Validasi, Uji Realibilitas, Statistic Deskriptif, Regresi linier berganda dengan SPSS 27 dan dilanjutkan pengujian tidak langsung menggunakan sobel test.</p> <p>Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel <em>brand ambassador </em>berpengaruh <em>negative</em> terhadap keputusna pembelian, <em>tagline </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. <em>Brand ambassador</em>, keputusan pembelian dan <em>tagline </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>brand awareness</em>. Serta disisi lain, <em>brand awareness</em> tidak memediasi <em>brand ambassador </em>terhadap keputusan pembelian, tetapi <em>brand awareness</em> mampu memediasi <em>tagine</em> terhadap keputusan pembelian pada produk Scarlatte Whitening.</p> 2025-07-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnis https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/2206 Pengaruh Siklus Hidup Perusahaan terhadap Efisiensi Investasi 2021-07-06T13:42:12+00:00 Nabila Maharani maharaninabila061@gmail.com Elga Adestria elga022001800057@std.trisakti.ac.id Raihan Fadhillah Aqshal raihan022001801033@std.trisakti.ac.id Farah Margaretha Leon farahmargaretha@trisakti.ac.id <p>Efisiensi Investasi perusahaan dianggap menjadi salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan fungsi dan keuangan suatu perusahaan. Peran siklus hidup perusahaan pada risiko fundamental kinerja perusahaan sudah menjadi literatur yang menyebar luas, namun belum ada kejelasan apakah siklus hidup perusahaan dapat mempengaruhi efisiensi investasi pada perusahaan khususnya perusahaan pada sektor makanan dan minuman di Indonesia. Penelitian ini mengkaji peran dari tahap siklus hidup perusahaan dalam menentukan investasi efisiensi dari 36 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun (2016-2019). Dan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah siklus hidup perusahaan sedangkan variabel dependennya adalah efisiensi investasi perusahaan. Terdapat 3 variabel kontrol dalam penelitian ini, yaitu leverage, firm size, dan Cash flow. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siklus hidup perusahaan (<em>Intro, Growth, Mature</em>, dan <em>Decline</em>) secara spesifik Intro dan Decline tidak berpengaruh signifikan terhadap Investment Efficiency 1, sedangkan Growth dan Mature berpengaruh negatif atau signifikan terhadap Investment efficiency 1. Hasil dari penelitian ini dapat berguna bagi manajer, pembuat kebijakan, dan investor. Untuk Manajer, penelitian ini mendorong manajer untuk menyesuaikan kebijakan investasi dengan tahapan siklus hidup masing-masing perusahaan. Bagi pembuat kebijakan, akan mampu mengoptimalkan kebijakan apa yang harus diterapkan, sedangkan untuk Investor akan lebih bijak dalam mengambil keputusan dalam efisiensi portofolio investasinya.</p> 2025-07-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnis https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/2141 Systematic Review: Perkembangan dan Transformasi Perbankan Digital di Indonesia dan di Negara Bagian Eropa 2021-06-17T15:22:34+00:00 William william.2018em100@civitas.ukrida.ac.id Andew Sebastian andrew.2018em092@civitas.ukrida.ac.id <p>Bank adalah sebuah perantara keuangan yang tugasnya menghimpun dana yang diterima dari masyarakat dan mengarahkan dana tersebut ke publik. Bank adalah lembaga yang dipercaya oleh masyarakat untuk menyimpan sejumlah uang untuk dikelola keuangannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode <em>systematic review</em>. Artikel yang dipilih berasal dari proquest, diambil dari 9 jurnal mengenai "digital banking" hasil dari penelitian ini menemukan bahwa untuk bertransformasi dari bank tradisional menjadi bank digital, perlu ada perubahan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan bank tradisional. kualitas fungsional bank sangat menentukan efektivitas suatu perbankan digital, dalam hal ini bank perlu merancang fitur yang interaktif dan aksesibilitas pada saat merancang perbankan digital. penyediaan infrastruktur menunjukkan bahwa akan terjadi perubahan besar terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Dari sisi bank digital, yang perlu diperhatikan adalah fitur yang <em>user-friendly</em> agar pengguna bisa menggunakan aplikasi bank digital dengan simpel dan nyaman. Selain itu, penghematan waktu dan layanan 24 jam, juga mempermudah pengguna dalam mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Namun, masih ada masalah yang masih perlu diatasi perbankan digital yaitu, masalah keamanan data di mana terdapat ancaman <em>cyber attack</em>.</p> 2025-07-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnis https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/3281 Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan 2024-08-23T03:58:17+00:00 Annisa Wulandari annisawdd02@gmail.com Eva Sutihat eva81sutihat@gmail.com Verliani Dasmaran eeytea@gmail.com <p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan pada PT. Indomarco Prismatama yang berada di kabupaten pandeglang dengan 44 sampel responden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei online yaitu dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas, reliabilitas, analis regresi linier berganda, hipotesis, koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan semua pengujian yang telah dilakukan variabel Kepemimpinan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas karyawan. Motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas karyawan. Sedangkan Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas karyawan. </strong></p> 2025-07-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnis https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/2214 Pentingnya Literasi Finansial sebagai Efek Mediasi Pengambilan Keputusan Investasi Ritel yang didasari dengan Perilaku-Perilaku: Sistematik Review 2021-07-07T21:56:11+00:00 Marshel Samuel Fam marshel.2018em005@civitas.ukrida.ac.id <p><em>Dewasa ini banyak sekali orang yang mengambil keputusan berinvestasi, seperti membeli saham,property, hanya berdasarkan desas-desus yang ada atau melalui rekomendasi teman, pengertian investasi yang salah dan lain-lain sehingga melibatkan banyak sekali bias-bias heuristic dan behavioral biases sehingga dapat merugikan kondisi finansial teertentu di masa mendatang, namun dapat dijelaskan bahwa perilaku-perilaku bias itu dapat diredam dan dikurangi dampaknya dalam keputusan investasi dengan meningkatkan literasi finansial. </em><em style="font-size: 0.875rem;">Dalam paper ini ditunjukkan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa literasi finansial membantu untuk mereduksi beberapa bias yang ada dalam keputusan finansial sehingga investor dapat lebih rasional dalam melakukan investasi.</em><em><br /></em></p> 2025-07-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnis