https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/issue/feedIlmiah Manajemen Bisnis2025-01-08T00:00:00+00:00Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnisjimb@ukrida.ac.idOpen Journal SystemsJurnal Ilmiah Manajemen Bisnishttps://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/3283Pengaruh Brand Ambassador dan Tagine terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Mediasi Brand Awareness Pada Produk Scarlatte Whitening2024-07-12T04:32:50+00:00Widi Nurfadillahwidinf01@gmail.comBachtiar Rifaisaffafather@gmail.comAsep Syiarudinsyiarudinasep@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>brand ambassador </em>dan <em>tagine</em> terhadap keputusan pembelian <em>online</em> dengan mediasi <em>brand awareness</em> pada produk Scarlatte Whitening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui <em>survey online</em>. Pengumpulan data penelitian didapatkan dengan membagikan kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form. Jumlah sampel yang diolah menjadi data penelitian sebanyak 53 responden. Teknik pengolahan data menggunakan Uji Validasi, Uji Realibilitas, Statistic Deskriptif, Regresi linier berganda dengan SPSS 27 dan dilanjutkan pengujian tidak langsung menggunakan sobel test.</p> <p>Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel <em>brand ambassador </em>berpengaruh <em>negative</em> terhadap keputusna pembelian, <em>tagline </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. <em>Brand ambassador</em>, keputusan pembelian dan <em>tagline </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>brand awareness</em>. Serta disisi lain, <em>brand awareness</em> tidak memediasi <em>brand ambassador </em>terhadap keputusan pembelian, tetapi <em>brand awareness</em> mampu memediasi <em>tagine</em> terhadap keputusan pembelian pada produk Scarlatte Whitening.</p>2025-07-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnishttps://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/2206Pengaruh Siklus Hidup Perusahaan terhadap Efisiensi Investasi2021-07-06T13:42:12+00:00Nabila Maharanimaharaninabila061@gmail.comElga Adestriaelga022001800057@std.trisakti.ac.idRaihan Fadhillah Aqshalraihan022001801033@std.trisakti.ac.idFarah Margaretha Leonfarahmargaretha@trisakti.ac.id<p>Efisiensi Investasi perusahaan dianggap menjadi salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan fungsi dan keuangan suatu perusahaan. Peran siklus hidup perusahaan pada risiko fundamental kinerja perusahaan sudah menjadi literatur yang menyebar luas, namun belum ada kejelasan apakah siklus hidup perusahaan dapat mempengaruhi efisiensi investasi pada perusahaan khususnya perusahaan pada sektor makanan dan minuman di Indonesia. Penelitian ini mengkaji peran dari tahap siklus hidup perusahaan dalam menentukan investasi efisiensi dari 36 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun (2016-2019). Dan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah siklus hidup perusahaan sedangkan variabel dependennya adalah efisiensi investasi perusahaan. Terdapat 3 variabel kontrol dalam penelitian ini, yaitu leverage, firm size, dan Cash flow. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siklus hidup perusahaan (<em>Intro, Growth, Mature</em>, dan <em>Decline</em>) secara spesifik Intro dan Decline tidak berpengaruh signifikan terhadap Investment Efficiency 1, sedangkan Growth dan Mature berpengaruh negatif atau signifikan terhadap Investment efficiency 1. Hasil dari penelitian ini dapat berguna bagi manajer, pembuat kebijakan, dan investor. Untuk Manajer, penelitian ini mendorong manajer untuk menyesuaikan kebijakan investasi dengan tahapan siklus hidup masing-masing perusahaan. Bagi pembuat kebijakan, akan mampu mengoptimalkan kebijakan apa yang harus diterapkan, sedangkan untuk Investor akan lebih bijak dalam mengambil keputusan dalam efisiensi portofolio investasinya.</p>2025-07-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnishttps://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/2141Systematic Review: Perkembangan dan Transformasi Perbankan Digital di Indonesia dan di Negara Bagian Eropa2021-06-17T15:22:34+00:00Williamwilliam.2018em100@civitas.ukrida.ac.idAndew Sebastianandrew.2018em092@civitas.ukrida.ac.id<p>Bank adalah sebuah perantara keuangan yang tugasnya menghimpun dana yang diterima dari masyarakat dan mengarahkan dana tersebut ke publik. Bank adalah lembaga yang dipercaya oleh masyarakat untuk menyimpan sejumlah uang untuk dikelola keuangannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode <em>systematic review</em>. Artikel yang dipilih berasal dari proquest, diambil dari 9 jurnal mengenai "digital banking" hasil dari penelitian ini menemukan bahwa untuk bertransformasi dari bank tradisional menjadi bank digital, perlu ada perubahan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan bank tradisional. kualitas fungsional bank sangat menentukan efektivitas suatu perbankan digital, dalam hal ini bank perlu merancang fitur yang interaktif dan aksesibilitas pada saat merancang perbankan digital. penyediaan infrastruktur menunjukkan bahwa akan terjadi perubahan besar terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Dari sisi bank digital, yang perlu diperhatikan adalah fitur yang <em>user-friendly</em> agar pengguna bisa menggunakan aplikasi bank digital dengan simpel dan nyaman. Selain itu, penghematan waktu dan layanan 24 jam, juga mempermudah pengguna dalam mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Namun, masih ada masalah yang masih perlu diatasi perbankan digital yaitu, masalah keamanan data di mana terdapat ancaman <em>cyber attack</em>.</p>2025-07-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnishttps://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/3281Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan2024-08-23T03:58:17+00:00Annisa Wulandariannisawdd02@gmail.comEva Sutihateva81sutihat@gmail.comVerliani Dasmaraneeytea@gmail.com<p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan pada PT. Indomarco Prismatama yang berada di kabupaten pandeglang dengan 44 sampel responden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei online yaitu dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas, reliabilitas, analis regresi linier berganda, hipotesis, koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan semua pengujian yang telah dilakukan variabel Kepemimpinan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas karyawan. Motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas karyawan. Sedangkan Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas karyawan. </strong></p>2025-07-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnishttps://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/2214Pentingnya Literasi Finansial sebagai Efek Mediasi Pengambilan Keputusan Investasi Ritel yang didasari dengan Perilaku-Perilaku: Sistematik Review2021-07-07T21:56:11+00:00Marshel Samuel Fammarshel.2018em005@civitas.ukrida.ac.id<p><em>Dewasa ini banyak sekali orang yang mengambil keputusan berinvestasi, seperti membeli saham,property, hanya berdasarkan desas-desus yang ada atau melalui rekomendasi teman, pengertian investasi yang salah dan lain-lain sehingga melibatkan banyak sekali bias-bias heuristic dan behavioral biases sehingga dapat merugikan kondisi finansial teertentu di masa mendatang, namun dapat dijelaskan bahwa perilaku-perilaku bias itu dapat diredam dan dikurangi dampaknya dalam keputusan investasi dengan meningkatkan literasi finansial. </em><em style="font-size: 0.875rem;">Dalam paper ini ditunjukkan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa literasi finansial membantu untuk mereduksi beberapa bias yang ada dalam keputusan finansial sehingga investor dapat lebih rasional dalam melakukan investasi.</em><em><br /></em></p>2025-07-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ilmiah Manajemen Bisnis