Strategi Pengembangan Plastic shopping Bag Berdasarkan Preferensi Konsumen dengan Pendekatan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: PT Era)
Abstract
Abstrak
Pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pengembangan suatu produk dalam suatu perusahaan. Namun, saat ini konsumen semakin kritis dalam memilih produk sehingga tidak hanya aspek fungsional saja yang diperhatikan, melainkan juga aspek lain, seperti emosi, perasaan, dan impresi (kansei) terhadap produk yang akan dipilih. Kansei engineering merupakan metode untuk menerjemahkan kansei seseorang terhadap produk yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kansei engineering untuk membantu perusahaan memahami kebutuhan konsumen serta menerjemahkannya ke dalam rancangan produk baru yang memiliki daya guna dan citra yang baik di mata konsumen. Pengumpulan data utama dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner dengan teknik semantic differential. Berdasarkan hasil kuesioner, diperoleh 11 kata kansei yang menjadi kriteria penting konsumen dalam memilih produk plastic shopping bag. Analisis konjoin dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kata kansei tersebut dengan enam item dan 18 kategori elemen desain produk. Hasil analisis konjoin meliputi nilai utilitas dan tingkat kepentingan masing-masing elemen desain. Melalui nilai utilitas tersebut diperoleh spesifikasi produk baru yang merupakan kombinasi elemen desain dengan nilai utilitas optimum.
Kata kunci: kansei engineering, semantic differential, analisis konjoin