An Optimality Analyisis of Hand to Mouth and N-Forward Buying with Mixed Integer Programming Method
Abstract
Abstrak
Â
Seiring berjalannya waktu, peningkatan jumlah perusahaan mendorong masing – masing perusahaan untuk mengembangkan strategi yang lebih baik dalam menghadapi kompetisi. Banyak cara yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan tersebut, salah satunya adalah dengan mengatur aktivitas pembelian. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui optimalitas dari metode – metode yang umum digunakan dalam aktivitas pembelian, hand to mouth buying dan N – Forward buying. Metode yang digunakan untuk menguji optimalitas dalam penelitian adalah pemodelan matematika. Model tersebut berbasiskan mixed integer programming yang diimplementasikan di dalam data hipotetikal. Berdasarkan hasil yang diperoleh, ditemukan bahwa terdapat suatu kasus dimana hasil kedua metode tidak optimal. Namun demikian, ketika analisis sensitivitas dilakukan dalam bentuk perubahan biaya penyimpanan pada contoh kasus yang diberikan, akan terlihat bahwa optimalitas terjadi, baik oleh Hand to Mouth buying atau N – Forward buying. Karena itu, akan lebih baik mempertimbangkan optimalitas dari kedua metode pembelian ini karena metode ini tidak mampu memberikan solusi terbaik dalam beberapa keadaan permasalahan pembelian walaupun dapat memberikan hasil yang optimal dalam sebagian besar keadaan. Â
Â
Kata kunci: Hand to Mouth Buying, N – Forward Buying, model Matematika
Â
Â
Abstract
Â
The increasing number of companies forces each organization to develop better strategies for facing the competition. Different ways can be utilized to help the organization; one of which is to modulate the purchasing activity. Having a good purchasing decision will maximize profis and minimize spending. This research aims at examining the optimality of common purchasing methods, Hand to Mouth buying and N – Forward buying. The method used for testing the optimality is mathematical modelling. The model is based on mixed integer programming principles utilizing  both general and binary integer variables. After the model was implemented in hypothetical data, it was found that there was a case in which both of these methods are not optimal. The mathematical modelling provided a better solution than these purchasing methods. However when the sensitivity analysis in its holding cost of the sample problem is conducted, the optimality was achieved by either Hand to Mouth buying or N – Forward buying. It is recommended to consider the optimality of these methods in the implementation as they are not the best solution for all purchasing problems.
Â
Keywords: Hand to Mouth Buying, N – Forward Buying, Mathematical Model