An Analysis of Bottled Green Tea Product Competition (A Case Study of Joy Tea)
Abstract
Abstrak
Â
Saat ini tercatat ada lebih dari tujuh produsen teh hijau dalam kemasan, tiga diantaranya memiliki Market Acquisition hampir 100 % di pasar teh hijau dalam kemasan. Dari studi pendahuluan yang dilakukan diperoleh adanya korelasi positif antara Brand Awareness pasar terhadap produk teh hijau dalam kemasan dan kemampuan produk teh hijau dalam kemasan mengambil market share. Penelitian yang dilakukan adalah aktivitas lanjutan atas studi kasus yang diajukan dalam kompetisi bisnis nasional pada tahun 2013. Penelitian membahas pemetaan kompetisi dari produk teh hijau Joy Green Tea di antara kompetitor teh hijau lainnya. Hasil dari penelitian adalah perlunya upaya meningkatkan Brand Awareness, adanya tendensi bahwa pasar tidak akan membelanjakan uang atas produk minuman sekunder, dan beberapa poin lemah dari Joy Green Tea, yakni Iklan, Brand, dan Word of Mouth.
Â
Kata Kunci: teh hijau, market share, kompetisi, brand.
Â
Â
Abstract
Â
To date there are more than seven producers of bottled green tea, 3 of which have Market Acquisition of nearly 100%. A preliminary study showed a positive correlation between the brand awareness of bottled green tea and the product capability in gaining market share. This research was a follow-up of the case studies presented at the national business competition in 2013. The research discussed the competition mapping of the Joy Green Tea  among its competitors. The research finding suggested the importance of improving brand awareness. There was a tendency that the market would not spend money on secondary products. Advertisement, Brand, and Word of Mouth were identified as some shortcomings of Joy Green Tea.
Â
Keywords: green tea, market share, competition, brand.
Â