Effect of Lighting and Noise Level Toward Thw Speed Ahm Mechanical Work (Case Study: Honda Catur Putra Jaya Ahass 06703)

Authors

  • Hendy Tannady Universitas Bunda Mulia
  • Filscha Nurprihatin Universitas Bunda Mulia
  • Steven Chandra Universitas Bunda Mulia

Abstract

Abstrak

 

Pencahayaan dan kebisingan merupakan bagian dari lingkungan kerja fisik yang dapat memengaruhi kinerja mekanik. Semakin baik pencahayaan dan kebisingan di suatu tempat kerja akan meningkatkan produktivitas serta kenyamanan pekerja sehingga kinerja karyawan akan menjadi optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang serta memahami sistem pencahayaan dan kebisingan yang dapat memengaruhi kinerja operator. Penelitian ini dilakukan di Honda Catur Putra Jaya AHASS 06703. Objek penelitian ini adalah seorang mekanik Honda yang sedang memperbaiki motor. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Of Experiment dengan menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pencahayaan memengaruhi kinerja mekanik dalam bekerja, sedangkan faktor kebisingan tidak memengaruhi kinerja mekanik dalam bekerja. Kinerja mekanik yang terbaik pada saat pencahayaan 167 Lux, sedangkan kebisingan tidak memengaruhi kinerja mekanik akan lebih baik jika mengikuti standart kebisingan. yaitu 85 dB.

 

Kata Kunci: pencahayaan, kebisingan, kinerja mekanik

 

 

Abstract

 

Lighting and noise is part of the physical working environment which may affect the mechanical performance. Better lighting and noise in a workplace will improve productivity and comfort of workers so that the employees’ performance will be optimal. The purpose of this research is to design and understand the lighting and noise system which can affect the performance of the operators. This research was conducted at Honda Catur Putra Jaya AHASS 06703. The object of this study is a Honda mechanic who was repairing a motor. The data used in this research was obtained from direct observation. Data analysis techniques used in this study is the Design Of Experiment with F test. Results showed that the lighting factor affects the performance of mechanical work, while the noise factor does not affect the performance of mechanical work. Mechanical performance is best when the lighting amounts to 167 Lux, while the noise does not affect the mechanical performance, and will be better if you follow standard noise at 85 dB.

 

Keywords: Lighting, Noise, Performance Mechanical

 

Author Biographies

Hendy Tannady, Universitas Bunda Mulia

Program Studi Teknik Industri

Filscha Nurprihatin, Universitas Bunda Mulia

Program Studi Teknik Industri

Steven Chandra, Universitas Bunda Mulia

Program Studi Teknik Industri

Downloads

Published

2016-12-01