KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING SEBAGAI ENABLER DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI TIK MAHASISWA

Authors

  • Ester Lumba Universitas Jayakarta

Abstract

Abstrak

Penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi atau Information Communication and Technology (ICT) menjadi hal yang krusial bagi setiap lulusan mahasiswa komputer di negeri ini. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian terhadap model pembelajaran e-Learning apakah dapat menjadi enabler untuk meningkatkan kreativitas belajar dan meningkatkan kompetensi TIK mahasiswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian konfirmatori dengan alat analisis statistik untuk menguji hipotesis, yaitu Structural Equation Modeling (SEM). SEM digunakan untuk mengetahui hubungan antar konstruk dan indikator-indikator yang digunakan apakah dapat digunakan untuk mengukur sebuah konstruk. Dalam melakukan proses pengolahan data penulis menggunakan software bantuan yaitu AMOS 6.0. Data penelitian ini merupakan data primer karena proses pengumpulan data dilakukan dari sumber utama, yaitu mahasiswa. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyelenggara pendidikan di Indonesia untuk dapat mengadaptasi teknologi-teknologi pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas belajar dan kompetensi TIK mahasiswa.

 

Kata Kunci: e-Learning,  enabler, kreativitas, kompentensi, open source

 

 

Abstract

The mastery of communication and information technology has become a crucial matter for every computer science graduates in Indonesia. For this reason, a research on e-learning model was conducted aiming at finding out whether the model can be an enabler to improve the students’ learning creativity and competence. This research implemented confirmatory research method using Structural Equation Modeling (SEM) as the statistical analysis tool to test the hypothesis. SEM is applied to study the relation between the construct and the indicators used to measure the construct. The writer used the AMOS 6.0 software in the data processing. The data collected from the questionnaire were primary data since they came from the students as the main source. The research findings were expected to offer additional references for educational institutions as well as lecturers in Indonesia to adapt learning technologies to improve students’ creativities and competences.

 

 

Keywords: e-learning, enabler, creativity, competence, open source

Author Biography

Ester Lumba, Universitas Jayakarta

Jurusan Teknik Informatika

Downloads

Published

2017-04-07