Perancangan dan Simulasi Data Warehouse untuk Keputusan Promosi Musik

Authors

  • Endah Kristiani Universitas Kristen Krida Wacana
  • Enggalwiguno Rahardja Universitas Kristen Krida Wacana
  • Frans Pasamboan Universitas Kristen Krida Wacana
  • inkristo Raymond Universitas Kristen Krida Wacana
  • Ramses Timotius Ginting Universitas Kristen Krida Wacana

Abstract

Abstrak

 

Perkembangan teknologi yang demikian pesat saat ini membuat penyedia jasa penjualan rekaman musik mengubah cara penjualan dari unit fisik menjadi virtual. Penjualan virtual yang menerapkan dan mengutamakan perekaman data tersebut dapat dimanfaatkan secara efektif dan efsisien dalam mendukung keputusan strategis. Adapun pihak yang paling dapat memanfaatkan data penjualan tersebut adalah perusahaan rekaman dan promotor musik dalam melakukan berbagai macam promosi. Pada paper ini akan dibahas teknik perancangan Data Warehouse, dengan mensimulasikan database “chinookâ€, sebuah sample basis data yang tersedia untuk umum, yang dapat dipergunakan pada berbagai jenis pemroses basis data (Object Relational Mapping). Pembuatan Data Warehouse dimaksudkan untuk mensimulasikan pendukung dalam pengambilan keputusan untuk memudahkan penentuan subjek promosi atau strategi penjualan yang akan diambil oleh para pihak yang berkepentingan.

Kata kunci: chinook, promosi musik, artist, iTunes, Data Warehouse

Abstract

Rapid development in technology requires the music providers change their sales, from physical sales to virtual sales. The online system marketing that applies and prioritizes data recording could be used effectively and efficiently to support strategic decision. The party that can benefit the most from the sales data was recording companies and music promotors in promoting their services. This paper intends to design data warehouse, by simulating “chinookâ€, an open access database, which can be used in various database processor (Object Relational Mapping). The data warehouse design was intended to simulate supports in decision making, which further to determine the promotion subject or sales strategy decided by the stakeholders.

Keywords: chinook, music promotion, artist, iTunes, Data Warehouse

Author Biographies

Endah Kristiani, Universitas Kristen Krida Wacana

Program Studi Teknik Informatika

Enggalwiguno Rahardja, Universitas Kristen Krida Wacana

Program Studi Sistem Informasi

Frans Pasamboan, Universitas Kristen Krida Wacana

Program Studi Sistem Informasi

inkristo Raymond, Universitas Kristen Krida Wacana

Program Studi Sistem Informasi

Ramses Timotius Ginting, Universitas Kristen Krida Wacana

Program Studi Sistem Informasi

Downloads

Published

2017-06-12