Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studio di Universitas dengan Alogritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Multimedia Nusantara)

Authors

  • Gilbert Sirait Universitas Multimedia Nusantara
  • Seng Hansun Universitas Multimedia Nusantara

Abstract

Abstrak

Lebih dari setengah dari enam puluh persen mahasiswa baru yang telah memilih jurusan beralih dari jurusan dipilih sebelumnya ke jurusan yang baru. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi mengenai jurusan yang tersedia di universitas dan ketidaksesuaian antara jurusan sebelumnya dengan minat dan bakat mahasiswa tersebut. Keputusan seorang mahasiswa dalam memilih jurusan sering dipengaruhi oleh orang tua, kerabat, dan teman-teman. Akibatnya, mahasiswa akan memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat atau bakat mereka. Hal ini akan mengakibatkan lingkungan belajar yang tidak kondusif yang pada gilirannya akan mengakibatkan penurunan kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan karena lingkungan belajar yang tidak mendukung. Berdasarkan permasalahan tersebut, sistem pendukung keputusan berbasis desktop dibangun untuk membantu mahasiswa memilih jurusan yang relevan dengan minat atau bakat mereka. Sistem ini akan membantu mahasiswa memilih jurusan dengan menerapkan algoritma pohon keputusan, yang  disebut C4.5. Faktor yang sedang dipertimbangkan untuk sistem dalam membuat keputusan adalah nilai studi calon mahasiswa. Setelah beberapa percobaan yang dirancang untuk menguji akurasi sistem menggunakan Confusion Matrix dan Cross Validation, akurasi maksimum 95% tercatat sebagai hasil terbaik dari sistem dengan menggunakan Confusion Matrix.

Kata kunci: sistem pendukung keputusan, jurusan perguruan tinggi, algoritma C4.5, Confusion Matrix, Cross Validation

Abstract

Over half of sixty percent of new college students who had chosen their major switched their major. This happened due to information about the available major at the university was not clearly informed and the student's previous major was irrelevant to their interest and talent. A college student's decision in choosing a major was often influenced by parents, relatives, and friends. As a result, students would choose a major that was irrelevant to their interest or talent. This would result in an unconducive learning environment which would lead to degradation of the human resource quality. Based on the problem aforementioned, a desktop-based decision support system was built to help students choose a major relevant to their interest or talent. The system would help student choose their major by implementing a decision tree algorithm called C4.5. The factor considered for the system to decide was the student's school grades. After several experiments designed to test the system's accuracy using Confusion Matrix and Cross Validation, a maximum accuracy of 95% was recorded as the best result of the system by using Confusion Matrix.

Keywords: decision support system, college’s major selection, C4.5 algorithms, confusion matrix, cross validation

Author Biographies

Gilbert Sirait, Universitas Multimedia Nusantara

Program Studi Teknik Informatika

Seng Hansun, Universitas Multimedia Nusantara

Program Studi Teknik Informatika

Downloads

Published

2017-06-12