Sistem Aplikasi Helpdesk Online Berbasis Web pada PT XYZ
Abstract
Abstrak
Pada penelitian ini dirancang sistem aplikasi helpdesk online berbasis web, dimana PT XYZ saat ini masih menggunakan email dan telepon dalam menangani berbagai macam keluhan. Dengan semakin banyaknya keluhan yang terjadi setiap harinya, maka penggunaan email dan telepon dinilai kurang efisien dan efektif dalam menangani keluhan–keluhan tersebut karena akan semakin sulit untuk melakukan kontrol mengenai keluhan yang dibuat. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis (studi lapangan dan studi literatur) dan metode perancangan program aplikasi dengan menggunakan spiral. Hasil yang dicapai adalah implementasi sistem aplikasi helpdesk online yang dapat melakukan proses penanganan keluhan user cabang kepada staf IT Support sehingga menjadi lebih efisien, terkontrol, dan terintegrasi, memberikan kemudahan bagi Manager IT Support dalam memantau perkembangan penanganan keluhan user yang diterima bawahannya dan melihat performa kinerja staf yang dibawahinya dalam kurun waktu tertentu.
Kata Kunci: aplikasi, helpdesk online, web
Abstract
The purpose of this study is to analyze and design a web-based helpdesk application system, in this case PT. XYZ, which still uses email and phone in handling various complaints. The increasing number of complaints received every day, the use of email and telephone is considered less efficient and effective in dealing with complaints, since it will be more difficult to monitor the complaints. The research applied the method of analysis (field study and literature study) and spiral method in the application program design. The result was the implementation of online helpdesk application system that performs a more efficient, controlled and integrated process of handling complaints from branch user to the IT Support staff, providing ease for the IT Support Manager to monitor the progress of handling user complaints received by subordinates, and enabling them to see the performance of subordinates in a certain period of time.
Keywords: application, online helpdesk, web
Tanggal Terima Naskah : 08 Juni 2017
Tanggal Persetujuan Naskah : 15 November 2017