PERANGKAT AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TINGKAT SEKOLAH DASAR “BUMI SAHABATKU” PADA SISTEM OPERASI IOS MENGGUNAKAN COCOS2DX
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi perangkat ajar ilmu pengetahuan alam pada perangkat iOS, merancang perangkat ajar yang dilengkapi dengan animasi seuai dengan KTSP 2006 yang diterapkan pada Sekolah Dasar dan juga sebagai perangkat ajar yang dilengkapi dengan soal dalam bentuk permainan, sistem score, level, dan stage. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data, metode analisis, dan metode perancangan. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan terdiri dari survei kebutuhan user, survei pendapat guru mata pelajaran IPA, dan survei game sejenis. Metode perancangan yang digunakan terdiri dari perancangan gameplay, perancangan UML (use case, class diagram, dan activity diagram), perancangan layar. Sebuah perangkat ajar dengan menggunakan game berjenis quiz puzzle yang mampu memberikan pengalaman belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang menyenangkan dan sesuai dengan harapan pengguna.
Kata Kunci: edukasi, IPA, iOS, Mobile Game, Bumi Sahabatku