OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DAYA DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI KOMPUTER
Abstract
Elektronika daya penting dipelajari oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro. Namun, seringkali tidak mudah bagi mahasiswa untuk memahami kerja rangkaian elektronika daya dan membayangkan bentuk gelombang tegangan dan arus. Dosen juga seringkali kesulitan menyampaikan materi pembelajaran karena keterbatasan bahan visualisasi. Karena itu, metode alternatif yang tepat untuk pembelajaran mata kuliah Elektronika Daya adalah dengan simulasi komputer. Program simulasi yang digunakan adalah PSIM yang dikhususkan untuk simulasi rangkaian elektronika daya dan penggerak motor. Dengan simulasi komputer (PSIM), proses pembelajaran konverter menjadi lebih mudah. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner yang menyatakan bahwa penggunaan PSIM membantu mahasiswa di Program Studi Teknik Elektro, UK Petra, Surabaya, untuk memahami konsep mata kuliah Elektronika Daya. Dari tingkat kelulusan yang tinggi, tampak bahwa penggunaan simulasi komputer mampu mengoptimalkan pembelajaran mata kuliah ini.
Kata kunci: Pembelajaran Elektronika Daya, Simulasi Komputer