KOMUNIKASI ANTAR ROBOT SEPAKBOLA BERODA MENGGUNAKAN UDP MULTICAST
Abstract
Kontes Robot Indonesia pada tahun 2017 membuka divisi baru, yaitu Kontes Robot Sepakbola Indonesia Beroda atau bisa disebut KRSBI-B. KRSBI-B adalah perlombaan sepakbola antar robot beroda. Untuk memenangkan pertandingan, setiap tim harus menyiapkan hardware, algoritma, dan strategi yang baik. Strategi merupakan aspek yang sangat penting di KRSBI-B. Strategi tidak akan bisa berjalan tanpa adanya komunikasi antar pemainnya. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini akan dibahas mengenai komunikasi dan koordinasi antar robot sepakbola beroda. Setiap tim robot minimal menurunkan tiga robot dalam pertandingan, yaitu Striker, Mid Fielder, dan Goal Keeper. Komunikasi dalam pertandingan ini, selain digunakan untuk mengatur strategi, juga untuk mendengarkan perintah aplikasi wasit dari juri, yaitu Referee Box. Juri mengharuskan ada satu komputer yang digunakan untuk mem-forward pesan Referee Box ke semua robot dan mengatur strategi robot, yaitu Base Station. Base Station akan tersambung dengan Referee Box menggunakan TCP. Tiga robot dan Base Station akan tersambung menggunakan UDP Multicast. Base Station akan mengirimkan status Referee Box dan setiap robot akan mengirimkan status dirinya. Referee Box dan robot akan mengirimkan statusnya masing-masing setiap 100 milidetik ke multicast group. Dengan diketahuinya status pertandingan dan status masing-masing robot, maka strategi dapat dilakukan. Berdasarkan hasil pengujian, semua data Referee Box dan data masing-masing robot berhasil sampai di multicast group. Strategi pun sukses dilakukan, karena komunikasi yang dilakukan berjalan dengan lancar. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi dan strategi antar robot berhasil dilakukan.
Kata Kunci: robot, sepak bola, multicast, UDP