PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN INDEKS KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAKARTA)
Abstract
Penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi. Dengan menjadikan mahasiswa sebagai konsumen pembelajaran di kelas dan diberi kesempatan untuk mengekspresikan tingkat kepuasannya, maka tenaga pengajar dan lembaga pendidikan akan senantiasa berusaha mengevaluasi diri sekaligus meningkatkan kinerja demi peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini mengembangkan sistem penilaian kinerja dosen yang didasarkan pada penilaian mahasiswa dengan menggunakan sejumlah pertanyaan kunci untuk memotret kepuasan mahasiswa terhadap dosen. Sistem ini dapat mengumpulkan dan mengolah data dengan mudah, untuk kemudian disajikan dalam bentuk nilai kinerja dosen.
Kata Kunci: kinerja, pengukuran kinerja, aplikasi komputer, dosen, mahasiswa