PENGARUH PROFESIONALISME, PENGETAHUAN MENDETEKSI KEKELIRUAN DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM AUDIT LAPORAN KEUANGAN

Authors

  • Desy Natalisa SM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana
  • Primsa Bangun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana
  • Malem Ukur Tarigan Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.36452/akunukd.v17i2.1502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profesionalisme, pengetahuan mendeteksi kekeliruan, dan pengalaman auditor memiliki pengaruh terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam audit laporan keuangan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purpusive sampling. Kuesioner digunakan sebagai alat untuk mengukur variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah auditor independen yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berada di wilayah DKI Jakarta. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa profesionalisme berpengaruh positif terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Tetapi tidak dengan variabel pengetahuan mendeteksi kekeliruan dan pengalaman auditor. Pengetahuan mendeteksi kekeliruan dan pengalaman auditor berpengaruh negatif terhadap pertimbangan tingkat materialitas.

Kata Kunci: profesionalisme, pengetahuan mendeteksi kekeliruan, pengalaman auditor, pertimbangan tingkat materialitas, audit judgement.

Downloads

Additional Files

Published

2018-02-12

Issue

Section

Articles