PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA PADA PEMILIK UKM SEKTOR MANUFAKTUR GARMIEN DI TANAH ABANG, JAKARTA PUSAT

Authors

  • Silviasih . Universitas Tarumanagara
  • Franky Slamet Universitas Tarumanagara
  • Denny Iskandar Universitas Kristen Krida Wacana

Abstract

                                                ABSTRACT
The purpose of this study is to determine whether there is influence of market orientation
and entrepreneurial orientation on performance in the small and medium scale of garment
manufacturers in Tanah Abang, Central Jakarta. The population of this study is the owner of the
garment manufacturers in Tanah Abang, Central Jakarta. The Sample in this study was determined
by non probability sampling method. Researcher distributed questionnaires to 100 respondents. The
results shows that there is an influence of market orientation and entrepreneurial orientation on
performance in small and medium scale of garment manufacturers in Tanah Abang, Central Jakarta.
Market orientation provides the ability to understand and meet the today and future customer needs
which also using their ability to provides superior solutions for customers than their competitors.
Entrepreneurial orientation can help to identify and respond earlier to market than their competitors
in order to create competitive advantages and achieve better performance. The implications of this
study for the garment manufacturers is to increase the knowledge about the factors that affecting the
performance such as market orientation and entrepreneurial orientation which could develop their
insights and change the views in entrepreneurship.
Keywords: small and medium scale enterprises, market orientation, entrepreneurial orientation,
performance


                                                ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh orientasi pasar dan
orientasi kewirausahaan pada kinerja usaha skala kecil dan menengah produsen garmen di Tanah
Abang, Jakarta Pusat. Populasi penelitian ini adalah pemilik produsen garmen di Tanah Abang,
Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode non probability sampling.
Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan pada kinerja usaha skala kecil dan menengah
produsen garmen di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Orientasi pasar menggambarkan kemampuan
untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan hari ini dan masa depan sekaligus juga
menggunakan kemampuan mereka untuk menyediakan solusi unggul bagi pelanggan dari pesaing
mereka. Orientasi kewirausahaan membantu mengidentifikasi dan menanggapi pasar lebih cepat
dari pesaing dalam rangka menciptakan keunggulan kompetitif dan mencapai kinerja yang lebih
baik. Implikasi dari penelitian ini untuk produsen garmen adalah untuk meningkatkan pengetahuan
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja seperti orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan
yang bisa mengembangkan wawasan mereka dan mengubah pandangan dalam berwirausaha.
Kata kunci: usaha kecil dan menengah skala, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, kinerja

Author Biographies

Silviasih ., Universitas Tarumanagara

Fakultas Ekonomi

Franky Slamet, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ekonomi

Denny Iskandar, Universitas Kristen Krida Wacana

Fakultas Ekonomi

Downloads

Published

2017-06-09

How to Cite

., S., Slamet, F., & Iskandar, D. (2017). PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA PADA PEMILIK UKM SEKTOR MANUFAKTUR GARMIEN DI TANAH ABANG, JAKARTA PUSAT. Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(1). Retrieved from https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/1375