PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA MAHASISWA UKRIDA & UNTAR)

Authors

  • Daniel Widjaja Universitas Kristen Krida Wacana
  • Eka Desy Purnama UNiversitas Kristen Krida Wacana

Abstract

ABSTRACT

 

 

This research is examined the impact of service maketing mix on student’s decision toward university choice. The objectives were: to determine factors of service marketing mix that affect student’s decision making and which factors are significantly affected it. The samples were students of Krida Wacana Christian University and students of Tarumanegara University. The findings shows that there is only two factors from service marketing mix that significantlyimpactstudent’s decision making. Those two factors were price (sig = 0.030) and promotion (sig = 0.039). This study conclude that students were consider lower price and promotion campaign that has been done by the university in order to decide their university selection.

 

Keywords: service marketing, decision making, university choice,marketing mix and buying intention.

 

 

 

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan memilih Perguruan Tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor apa saja dari bauran pemasaran jasa yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pemilihan Perguruan Tinggi. Sampel penelitian diperoleh dari para mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana dan mahasiswa Universitas Tarumanegara dengan jumlah sampel sebanyak 129 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ada dua faktor dari bauran pemasaran jasa yang berpengaruh terhadap keputusan pemilihan Perguruan Tinggi. Kedua factor tersebut adalah harga dan promosiPenelitian ini menyimpulkan bahwa faktor harga dan promosi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi

lebih berdampak secara signifikan terhadap keputusan pemilihan Perguruan Tinggi.

 

Kata kunci:  pemasaran jasa, keputusan pembelian, pemilihan universitas, bauran pemasaran dan niat melakukan pembelian.

 

Author Biographies

Daniel Widjaja, Universitas Kristen Krida Wacana

Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Krida Wacana

Eka Desy Purnama, UNiversitas Kristen Krida Wacana

Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Krida Wacana

Downloads

Published

2017-10-23

How to Cite

Widjaja, D., & Purnama, E. D. (2017). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA MAHASISWA UKRIDA & UNTAR). Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(2). Retrieved from https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/1473