PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana)

Authors

  • Silviana Sofiani Universitas Kristen Krida Wacana
  • Fredella Colline Universitas Kristen Krida Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian iPhone. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kristen Krida Wacana yang masih aktif dengan total sampel 100 responden yang pernah melakukan pembelian iPhone. Dari data-data yang telah dikumpulkan, dilakukan analisis data menggunakan program SPSS Versi 23 guna mengetahui hasil hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi kualitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian iPhone dan ditemukan juga bahwa loyalitas merek memiliki pengaruh paling dominan.

Kata Kunci : Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2019-07-04

How to Cite

Sofiani, S., & Colline, F. (2019). PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana). Ilmiah Manajemen Bisnis, 18(2). Retrieved from https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/1720

Issue

Section

Articles