Pengaruh Lokasi, Fasilitas Wif dan Perpustakaan Kampus terhadap Kepuasan Mahasiswa di Kampus 1 (satu) Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA)

Authors

  • Anthony Anthony

Abstract

Abstrak — Jumlah perguruan tinggi yang banyak diseluruh Indonesia membuat pendidikan tinggi sudah masuk dalam ranah industri. Berbagai upaya dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menarik minat masyarakat. Seperti menyediakan fakultas atau program studi sesuai dengan keterampilan teknis masyarakat dan program beasiswa. Perguruan tinggi juga perlu memperhatikan sarana dan prasarana kampus yang memadai agar para mahasiswa merasa puas dan loyal terhadap kampusnya. Sarana dan prasarana yang harus diperhatikan adalah seperti lokasi kampus yang strategis serta fasilitas wif dan perpustakaan kampus yang memadai. Salah satu perguruan tinggi swasta di kawasan Jakarta Barat yaitu Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) menjadi objek pada penelitian ini. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah lokasi, fasilitas wif dan perpustakaan di kampus 1 UKRIDA memiliki pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dengan harapan hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak kampus UKRIDA agar para mahasiswa dapat semakin meningkat kepuasan dan loyalitasnya yang pada akhirnya akan membuat citra kampus UKRIDA semakin meningkat. Teknik analisis penelitian ini adalah dengan pengujian model struktural. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kampus 1 (satu) Univeritas Kristen Krida Wacana yang berukuran 1634 mahasiswa. Sebanyak 163 mahasiswa yang diambil secara acak dan proporsional berdasarkan program studi dan tahun angkatan dilibatkan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menyebar kuisioner. Berdasarkan analisis uji t, hasil menunjukkan bahwa variabel lokasi, fasilitas wif dan perpustakaan memiliki nilai t hitung > t tabel, dengan p values < sig 0.05. Artinya lokasi kampus, fasilitas wif dan perpustakaan secara parsial berpengaruh signifkan terhadap kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis uji t tersebut, maka perguruan tinggi perlu memperhatikan unsur-unsur yang berhubungan dengan lokasi, fasilitas wif dan perpustakaan kampus. Semakin baik dan memadai fasilitas yang berhubungan dengan lokasi, wif dan perpustakaan maka akan semakin meningkatkan kepuasan mahasiswa.


Keywords — Lokasi, Wif, Perpustakaan, dan Kepuasan Mahasiswa

Downloads

Published

2020-02-24

How to Cite

Anthony, A. (2020). Pengaruh Lokasi, Fasilitas Wif dan Perpustakaan Kampus terhadap Kepuasan Mahasiswa di Kampus 1 (satu) Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA). Ilmiah Manajemen Bisnis, 19(1). Retrieved from https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/1821