Affiliate Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital yang Ampuh untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Terhadap Shopee Affiliates)

Authors

  • Annisa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat, banyak segment yang dituntut untuk melakukan perubahan agar dapat beradaptasi di era yang serba digital ini. Salah satunya adalah bagian pemasaran. Perusahaan harus dapat menyiapkan strategi digital marketing yang menarik agar semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang dikeluarkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Affiliate Marketing terhadap Brand Awareness pada Shopee Affiliates. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini juga dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi terhadap influencer yang mengikuti Shopee Affiliates.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi Affiliate Marketing ampuh untuk meningkatkan Brand Awareness. Hasil observasi terhadap engagement sosial media juga menunjukan ada sebanyak 113,600 ribu orang yang menonton video promosi produk yang sudah berafiliasi dengan Shopee. Lalu, ada sebanyak 28,500 ribu orang yang sudah menyukai video promosi. Terdapat 108 komentar yang diberikan oleh audiens. Video promosi juga sudah dibagikan sebanyak 85 kali.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Annisa. (2024). Affiliate Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital yang Ampuh untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Terhadap Shopee Affiliates). Ilmiah Manajemen Bisnis, 24(1), 25–30. Retrieved from https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/2139