Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Online: A Systematic Review

Indonesia

Authors

  • Samuel Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana
  • Pauli Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana

Abstract

E–Commerce adalah segala aktivitas berhubungan dengan kegiatan pembelian dan penjualan baik produk maupun jasa dengan teknologi internet darn fungsinya sebagai tempat terjadinya aktivitas tersebut, karena kemampuan teknolog internet yang dapa menggunakan data secara digital sehingga meningkatkan tingkat kinerja dan efisiensi suatu perusahaan atau bisnis secara keseluruhan.Contoh aktivitas nya adalah dari pembeli yang mengujung sebuah situs website yang dibuat oleh pihak pembisnis untuk melakukan transaksi produk dan jasa secara online. Metode yang digunakan oada penelitian ini adalah metode systematic review. Artikel yang di pilih berasal dari proques, diambil dari 8 jurnal megenai “E - Commerce” hasil penelitian ini menemukan bahwa ada faktor – faktor yang memperngaruhi keputusan pemebelian online terhadap produk yang di jual, dalam hal ini pedagang atau peusahaan harus memperhatikan apa yang dapat mempengaruhi keputusan pembeli terhadap barang atau jasa yang di tawarkan melalui media internet. Salah satu factor yang penting adalah Kepercayaan (trust), di jaman modern ini kasus tindakan kejahatan melalui internet seperiti pembobolan kredit, pencurian dan pembocoran data pribadi dan lainnya semakin meningkat sehingga faktor kepercayaan merupakan salah satu faktor terpenting pelanggan dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Maka dari itu calon pembeli sangat berhati-hati dalam pembelian online, jika pembeli merasa dirugikan dalam pembelian online, calon pembeli/costumer tidak akan lagi menggunakan barang atau jasa dari perusahaan /pedagang yang mereka pakai dan merasa dirugikan.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Samuel, & Marbun, P. (2024). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Online: A Systematic Review: Indonesia. Ilmiah Manajemen Bisnis, 24(1), 11–18. Retrieved from https://ejournal.ukrida.ac.id/index.php/IMB/article/view/2176