Evaluasi Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Fakultas Kedokteran

Authors

  • Ida Ayu Triastuti Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta, Indonesia
  • Heribertus Sigit Prasetya Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v28i3.2361

Keywords:

Evaluasi Program, Fakultas Kedokteran, MBKM

Abstract

Pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) telah didorong sejak tahun 2020, tetapi belum ada ketentuan untuk fakultas kesehatan, termasuk kedokteran. Dengan mempertimbangkan kebutuhan lulusan di masa depan, maka Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK UKDW) mencoba mengimplementasikan MBKM kepada mahasiswa dalam bentuk Pertukaran Pelajar dan Proyek Kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan MBKM di FK UKDW. Sumber data evaluasi menggunakan data sekunder dari survei cross sectional menggunakan Survei Implementasi MBKM 2021 di Perguruan Tinggi Swasta oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Peneliti menggunakan 14 pertanyaan dari survei yang diberikan kepada seluruh mahasiswa program studi kedokteran FK UKDW. Hasil data dikelompokkan menjadi 6 tema dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 43,22% responden sangat tertarik terhadap program MBKM; Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang paling dipilih adalah Pertukaran Pelajar; kekhawatiran tertinggi dari responden adalah terkait pembiayaan dan masa studi menjadi lama; sebesar 48% responden mengetahui hanya sedikit kebijakan MBKM dengan sumber informasi terbanyak dari media massa; responden sebagian besar setuju bahwa MBKM memberikan kemampuan penyelesaian permasalahan nyata dan kompleks, menganalisis, etika profesi, memperluas perspektif, dan memberikan kompetensi tambahan yang dibutuhkan; kegiatan MBKM dirasakan sesuai (71,9%), cukup bermanfaat (58,47%), dan penting (50%) sebagai bekal di masa depan.

References

Baharuddin MS. Adaptasi kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka (fokus:model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 2021;4(1),195-205.

Fatmawati E. Dukungan perpustakaan dalam implementasi “Kampus merdeka dan merdeka belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah. 2020; 6(2); 1076-87.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku panduan merdeka belajar-kampus merdeka. 2020. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Wulandari D, Arifin S, Cahyono E, Kusumawardani SS, Hertono GF, Wastutiningsih SP, et al. Panduan program bantuan kerjasama kurikulum dan implementasi merdeka belajar kampus merdeka, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta, 2021, hlm. 1-12.

Handayani NNL. Pendidikan perguruan tinggi era 4.0 dalam pandemi Covid-19 menuju cyber university. Jurnal Pusat Penjaminan Mutu. 2020;1(2):101-10.

Tabari P, Amini M, Khoshnood K, Arya N.‘Multi-dimensional effects of the COVID-19 pandemic considering the WHO’s ecological approach’, Global Public Health. Taylor & Francis, 16(1), 2021 p. 136–148

Januraga PP. Pendekatan multidisiplin; dari sebuah diskursus ke arah profesionalisme riset dan pendidikan kesehatan masyarakat. Disampaikan pada Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar. 2021.

LPAIP UKDW. Panduan penerapan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) pada kurikulum program studi di UKDW. 2020. Yogyakarta: UKDW.

Petunjuk teknis Kampus Lacak COVID-19: Penerapan kampus siaga Covid-19 untuk penguatan pelacakan kontak (contact tracing) di puskesmas bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Kemenkes RI, Kemdikbud RI. 2021.

Li X, Yang Y, Chu SKW, Zainuddin, Zhang, Y. Applying blended synchronous teaching and learning for flexible learning in higher education; an action research study at a university in Hong Kong. Asia Pacific Journal of Education. 2020. 1-17.

Hakim M, Mulyapradana A. Pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemi Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen. 2020;4(2):154-60.

Fuadi TM, Aswita D. Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM): Bagaimana penerapan dan kendala yang dihadapi oleh perguruan tinggi swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan. 2021;5(2):603-14.

Asiah N. Implementasi kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (studi pada fakultas social dan hukum universitas negeri makassar). Jurnal S1 thesis, Universitas Negeri Makassar diakses melalui http://eprints.unm.ac.id/21022/

Susilawati N. Merdeka belajar dan kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. 2021;2(3):203-19.

Arifin M. Strategi manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi. Jurnal Edu Tech. 2017;3(1):117-32.

Tasnim. Pandemik Covid-19 berpeluang merubah perilaku kesehatan masyarakat, dalam belajar dari Covid-19: Perspektif Ekonomi dan Kesehatan. 2020. Medan: Yayasan Kita Menulis.

KKI. Standar kompetensi dokter Indonesia. 2012. Jakarta.

Purwanti E. Preparing the implementation of merdeka belajar-kampus merdeka policy in higher education institutions. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 2020; 518:384-91.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Strategi implementasi BKP MBKM dalam kurikulum perguruan tinggi. Diakses melalui https://webinar.darmajaya.ac.id/go/wp-content/uploads/2020/11/Strategi-BKP-MBKM-dalam-KPT.pdf (dikutip 22 Desember 2021).

Sopiansyah D, Masruroh S, Zaqiah QY, Erihadiana M. Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. 2022;4(1):34-41.

Published

2022-09-01

How to Cite

Triastuti, I. A., & Prasetya, H. S. . (2022). Evaluasi Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Fakultas Kedokteran . Jurnal Kedokteran Meditek, 28(3), 269–277. https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v28i3.2361

Issue

Section

Artikel Penelitian