Gambaran Tingkat Stress, Kecemasan dan Depresi Mahasiswa saat Adaptasi Tahun Kedua Pandemi COVID-19

Authors

  • Glarisa Gaite Fakutas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, Indonesia
  • Elly Ingkiriwang Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, Indonesia
  • Elly Tania Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v28i3.2381

Keywords:

COVID-19, Jakarta, kesehatan mental, mahasiswa kedokteran

Abstract

Kasus COVID-19 pertama kali muncul di Indonesia pada Maret 2020. Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, berbagai adaptasi terhadap proses belajar di perguruan tinggi dilakukan. PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia) mencatat 1.522 penduduk Indonesia mengalami gangguan kesehatan mental akibat pandemi COVID-19 ini, tidak terkecuali para mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stress, cemas dan depresi pada mahasiswa pada tahun kedua adaptasi pandemi. Penelitian deskriptif ini menggunakan metode  purposive sampling, dimana mengikutsertakan 97 orang mahasiswa kedokteran angkatan Tahun 2018 di Fakultas Kedokteran sebagai responden. Penelitian ini bertujuan menentukan tingkat stres, kecemasan, dan depresi responden penelitian di tahun ke-2 pandemi. Data penelitian dikumpulkan pada Bulan Mei 2021 dengan menggunakan kuesioner DASS-21 (Depression Anxiety Stress Scales). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 55.67% responden penelitian berada pada level stress normal, kecemasan (86,6%) dan depresi (57,73%). Studi ini juga meneliti faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, interaksi sosial, dan ekonomi. Responden yang mengalami kecemasan dan depresi lebih banyak ditemukan pada mahasiswa dengan status ekonomi keluarga menurun dan tidak aktif berinteraksi sosial. Peranan organisasi kemahasiswaan di kampus serta penanggulangan pandemi yang efektif diharapkan dapat mengatasi stress, cemas dan depresi pada mahasiswa saat perkuliahan online di masa pandemi.

References

Shi Y, Wang G, Cai X peng, Deng J wen, Zheng L, Zhu H hong, et al. An overview of COVID-19. J Zhejiang Univ Sci B. 2020;21(5):343–60.

Djalante R, Lassa J, Setiamarga D, Sudjatma A, Indrawan M, Haryanto B, et al. Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of january to march 2020. Prog Disaster Sci. 2020;6:100091.

Handayani M. Gambaran tingkat cemas, stress dan depresi pada mahasiswa universitas andalas dalam menghadapi pandemi COVID-19. Skripsi Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Padang. 2020.

Al Omari O, Al Sabei S, Al Rawajfah O, Abu Sharour L, Aljohani K, Alomari K, et al. Prevalence and predictors of depression, anxiety, and stress among youth at the time of COVID-19: An online cross-sectional multicountry study. Depress Res Treat. 2020. https://doi.org/10.1155/2020/8887727

Xiao H, Shu W, Li M, Li Z, Tao F, Wu X, et al. Social distancing among medical students during the 2019 coronavirus disease pandemic in china: Disease awareness, anxiety disorder, depression, and behavioral activities. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(14):1–13.

Vala N, Vachhani M, Sorani A. Study of anxiety, stress, and depression level among medical students during COVID-19 pandemic phase in Jamnagar city. Natl J Physiol Pharm Pharmacol. 2020;10(0):1.

Lasheras I, Gracia-García P, Lipnicki DM, Bueno-Notivol J, López-Antón R, de la Cámara C, et al. Prevalence of anxiety in medical students during the covid-19 pandemic: A rapid systematic review with meta-analysis. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(18):1–12.

Abdulghani HM, Sattar K, Ahmad T, Akram A. Association of covid-19 pandemic with undergraduate medical students’ perceived stress and coping. Psychol Res Behav Manag. 2020;13:1101–2.

Oei TP, Sawang S, Goh YW, Mukhtar F. Using the Depression Anxiety Stress Scale 21 (DASS-21) across cultures. Int J Psychol. 2013;48(6):1018-29.

Elmer T, Mepham K, Stadtfeld C. Students under lockdown: Comparisons of students’ social networks and mental health before and during the COVID-19 crisis in Switzerland. PLoS One. 2020;15(7 July):1–22.

Debowska A, Horeczy B, Boduszek D, Dolinski D. A repeated cross-sectional survey assessing university students’ stress, depression, anxiety, and suicidality in the early stages of the COVID-19 pandemic in Poland. Psychol Med. 2020;8–11.

Risal A, Shikhrakar S, Kunwar D, Karki E, Shrestha B, Khadka S. Anxiety and Depression During COVID-19 Pandemic Among Medical Students in Nepal. Res Sq. 2020;1–11.

Benham G. Stress and sleep in college students prior to and during the COVID-19 pandemic. Wiley Stress Heal. 2020;(July):1–12.

Atziza R. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stres dalam Pendidikan Kedokteran Factors Influence Stress Incidence in Medical School. J Agromed Unila. 2015;2(3):1–4.

Sutjiato M, Tucunan GDK a a T. Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jikmu. 2015;5(1):30–42.

Li Y, Zhao J, Ma Z, McReynolds LS, Lin D, Chen Z, et al. Mental Health Among College Students During the COVID-19 Pandemic in China: A 2-Wave Longitudinal Survey. J Affect Disord. 2021 Feb;281:597–604.

Otten D, Tibubos A, Schomerus G, Brähler E, Binder H, Kruse J et al. Similarities and Differences of Mental Health in Women and Men: A Systematic Review of Findings in Three Large German Cohorts. Frontiers in Public Health. 2021;9:9-10.

Nakhostin-Ansari A, Sherafati A, Aghajani F, Khonji MS, Aghajani R, Shahmansouri N. Depression and anxiety among iranian medical students during COVID-19 pandemic. Iran J Psychiatry. 2020;15(3):228–35.

Deng CH, Wang JQ, Zhu LM, Liu HW, Guo Y, Peng XH, et al. Association of web-based physical education with mental health of college students in wuhan during the COVID-19 outbreak: Cross-sectional survey study. J Med Internet Res. 2020;22(10).

Fitria L, Ifdil I. Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. J Educ J Pendidik Indonesia. 2020;6(1):1.

Published

2022-09-01

How to Cite

Gaite, G., Ingkiriwang, E., & Tania, E. (2022). Gambaran Tingkat Stress, Kecemasan dan Depresi Mahasiswa saat Adaptasi Tahun Kedua Pandemi COVID-19 . Jurnal Kedokteran Meditek, 28(3), 289–294. https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v28i3.2381

Issue

Section

Artikel Penelitian