Persepsi Mahasiswa Keperawatan terhadap Profesionalisme Keperawatan Indonesia: Kajian Literatur Sistematik

Authors

  • Eunike Helena Hapsari Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Indonesia
  • Stevany Efrilianty Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Indonesia
  • Wunge Misericordia Sagara Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Indonesia
  • Ni Gusti Ayu Eka Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Indonesia
  • Catharina Guinda Diannita Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v29i3.2887

Keywords:

Keperawatan, Mahasiswa, Profesionalisme

Abstract

Profesionalisme keperawatan adalah suatu landasan ilmiah dan praktik keperawatan dalam memberikan kualitas pelayanan keperawatan kepada klien, individu, dan masyarakat luas. Profesionalisme keperawatan sudah banyak dibahas dalam penelitian keperawatan. Namun, masih sedikit pembahasan tentang konsep profesionalisme keperawatan di Indonesia, khususnya perspektif mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi konsep profesionalisme keperawatan dari sudut pandang mahasiswa keperawatan di Indonesia berdasarkan literatur terkini. Penelitian ini menggunakan kajian literatur sistematik dengan simplified approach berasal dari publikasi artikel tahun 2012-2022. Pengumpulan data menggunakan tiga database, yaitu Pubmed, EBSCO Host, dan Cochrane Library. Kata kunci yang digunakan adalah “Nursing Student, Nurse Student, Student, Professionalism, Professional Competence, Professional Value of Nursing, Professionalism Education, Medical Professionalism, Competence, Clinical Competence, Competence Factor”. Seleksi dilakukan menggunakan Flow Diagram PRISMA dan JBI Critical Appraisal Checklist. Selain itu, analisis tematik juga digunakan untuk memaparkan laporan penelitian dalam bentuk tema. Analisis dari tujuh artikel kuantitatif menghasilkan empat tema utama, yaitu perkembangan diri seorang perawat, profesionalisme, faktor internal, dan faktor eksternal, yang memengaruhi profesionalisme keperawatan. Profesionalisme merupakan proses pengembangan diri seorang perawat untuk menjadi perawat profesional semenjak di lingkup pendidikan. Mahasiswa keperawatan penting untuk mengembangkan diri sebagai seorang profesional untuk masuk dalam praktik klinik atau dunia kerja yang akan meningkatkan kualitas asuhan keperawatan kepada pasien.

References

Karyadi, Ketrin T, Tuharea A. Hubungan antara tingkat pendidikan perawat dengan penerapan prinsip-prinsip etika keperawatan. Glob Heal Sci [Internet]. 2016;1(1):13–23. Available from: https://jurnal.csdforum.com/index.php/GHS/article/view/4/4

Banunaek CD, Dewi YEP, Andadari RK. Dilema etik pada profesionalisme perawat terhadap kualitas pelayanan keperawatan. J Kepemimp dan Manaj Keperawatan [Internet]. 2021 Nov 30;4(2):110–20. Available from: https://journal.ppnijateng.org/index.php/jkmk/article/view/1143

Poorchangizi B, Borhani F, Abbaszadeh A, Mirzaee M, Farokhzadian J. Professional values of nurses and nursing students: A comparative study. BMC Med Educ [Internet]. 2019;19(1):438. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6882014/pdf/12909_2019_Article_1878.pdf

Riklikiene O, Karosas L, Kaseliene S. General and professional values of student nurses and nurse educators. J Adv Nurs [Internet]. 2018 Mar 30;74(3):666–76. Available from: https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/jan.13473

Hartiti T, Zainova M. Faktor yang mempengaruhi perbedaan nilai profesional perawat pada mahasiswa profesi ners kelas khusus. J Kebidanan. 2019;8(1):18–26.

Lundell Rudberg S, Westerbotn M, Sormunen T, Scheja M, Lachmann H. Undergraduate nursing students’ experiences of becoming a professional nurse: a longitudinal study. BMC Nurs [Internet]. 2022 Aug 6;21(1):219. Available from: https://bmcnurs.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12912-022-01002-0

Prabasari NA. Application of the role and function of nurses in nursing care for elderly with hypertension in the community (Phenomenology Study). J Keperawatan Malang [Internet]. 2021 Dec 13;6(2):115–26. Available from: https://jurnal.stikespantiwaluya.ac.id/index.php/JPW/article/view/145

Fitzgerald A. Professional identity: A concept analysis. Nurs Forum. 2020;55(3):447–72.

Azemian A, Ebadi A, Afshar L. Redefining the concept of professionalism in nursing: an integrative review. Front Nurs [Internet]. 2021 Dec 1;8(4):327–40. Available from: https://www.sciendo.com/article/10.2478/fon-2021-0033

Mawikere Y, Manampiring AE, Toar JM. Hubungan beban kerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien dalam pemberian asuhan keperawatan. J Keperawatan [Internet]. 2021;9(1):71–7. Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jkp/article/view/36771/34193

Kemenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan [Internet]. 2019. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Details/138617/permenkes-no-26-tahun-2019

Susanti IA, Putri P, Astutik E. Pentingnya nilai profesional dari perspektif mahasiswa keperawatan di Jember. Prof Heal J [Internet]. 2023;5(1):191–201. Available from: https://www.ojsstikesbanyuwangi.com/index.php/PHJ

Aveyard H. Doing a literature review in health and social care. 3rd ed. Literature review. Open University Press; 2014.

Rahayu CD, Hartiti T, Rofi’i M. The Effects of coaching of head nurses on the quality of discharge planning documentations. J Ners dan Kebidanan Indones [Internet]. 2018;5(3):157–64. Available from: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31707147/

Wardani NM, Yulia WI. Hubungan tingkat pengetahuan terkait profesi dan motivasi mahasiswa tingkat akhir untuk menjadi perawat profesional. J Persat Perawat Nas Indones [Internet]. 2017 Mar 16;1(3):234–43. Available from: http://jurnal-ppni.org/ojs/index.php/jppni/article/view/34

Hartiti T, Wulandari D. Karakteristik Profesional keperawatan pada mahasiswa studi ners FIKKES Universitas Muhammadiyah Semarang. Nurscope J Keperawatan dan Pemikir Ilm. 2018;4(3):72–9.

Hartiti T, Shaumayantika N. Nilai profesional keperawatan pada mahasiswa ners. J Keperawatan. 2018;10(2):94–101.

Nelwati, Abdullah K, Chong MC, McKenna L. The effect of peer learning on professional competence development among Indonesian undergraduate nursing students: A quasi-experimental study. J Prof Nurs [Internet]. 2020 Nov;36(6):477–83. Available from: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S8755722320300740

Nelwati, Abdullah KL, Chong MC. Factors influencing professional values among Indonesian undergraduate nursing students. Nurse Educ Pract [Internet]. 2019 Nov;41:102648. Available from: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1471595318308059

Susmarini D, Sumarwati M, Mulyono WA, Purnamasari MD, Hayati YS. Demographic profile on professional behavior among nursing students in indonesia. Proceeding ICMA-SURE [Internet]. 2021 Jul 6;1(1):76–82. Available from: http://jos.unsoed.ac.id/index.php/eprocicma/article/view/4429

Hartiti T, NH MZ. Faktor yang mempengaruhi perbedaan nilai profesional perawat pada mahasiswa profesi ners kelas khusus. J Kebidanan [Internet]. 2019 Feb 13;8(1):18–26. Available from: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jur_bid/article/view/4364

Hartiti T, Zainova M. Nilai Profesional perawat pada mahasiswa profesi ners Universitas Muhammadiyah Semarang. Pros Semin Nas Unimus [Internet]. 2018;231–7. Available from: https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/125

Djalla A, Nur Hafidza R, Patintingan A. Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme petugas kesehatan di Puskesmas Baroko Kabupaten Enrekang. J Ilm Mns dan Kesehat [Internet]. 2018;1(1):16–23. Available from: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes/article/view/97

Sari DA, Wijaya D, Purwandari R. Hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi keperawatan dengan motivasi melanjutkan pendidikan profesi ners di PSIK Universitas Jember. e-Journal Pustaka Kesehat [Internet]. 2017;5(3):505–12. Available from: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/6159

Dönmez R, Özsoy S. Factors influencing development of professional values among Turkish Nursing Students. Pakistan J Med Sci [Internet]. 1969 Dec 31;32(4):988–93. Available from: http://pjms.com.pk/index.php/pjms/article/view/10616

Mao A, Cheong PL, Van IK, Tam HL. “I am called girl, but that doesn’t matter” -perspectives of male nurses regarding gender-related advantages and disadvantages in professional development. BMC Nurs [Internet]. 2021 Dec 20;20(1):24. Available from: https://bmcnurs.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12912-021-00539-w

Published

2023-12-14

How to Cite

Hapsari, E. H., Efrilianty , S., Sagara, W. M. ., Eka, N. G. A., & Diannita, C. G. . (2023). Persepsi Mahasiswa Keperawatan terhadap Profesionalisme Keperawatan Indonesia: Kajian Literatur Sistematik. Jurnal Kedokteran Meditek, 29(3), 348–361. https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v29i3.2887

Issue

Section

Tinjauan Pustaka