Archives

  • MEI-AGUSTUS
    Vol. 28 No. 2 (2022)

  • JANUARI-APRIL
    Vol. 28 No. 1 (2022)

    Sidang pembaca yang terhormat,

    Volume 28 edisi 1 terdiri dari lima belas artikel meliputi artikel penelitian, kajian  literatur, dan studi kasus. Para penulis yang berkontribusi berasal dari berbagai institusi, yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Kristen Maranatha Bandung, Universitas Airlangga, RS Sint Carolus, RS Umum Sumber Waras, Universitas Indonesia,  Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka Jakarta, Rumah Sakit Umum Daerah S.K. Lerik, Rumah Sakit Umum Bintuni Papua Barat, dan Universitas Kristen Krida Wacana. Kami juga berterimakasih kepada para reviewer yang telah berkontribusi memberikan masukan dalam meningkatkan mutu naskah.

    Kami menyadari masih terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki dalam edisi ini, karenanya kami berterima kasih untuk saran dan masukan yang membangun. Jurnal Kedokteran Meditek berkomitmen untuk terus memperbaiki diri. Besar harapan kami semua penulis dapat kembali berkontribusi pada edisi-edisi berikutnya.  Selamat membaca.

  • SEPTEMBER - DESEMBER
    Vol. 27 No. 3 (2021)

    Jurnal Kedokteran Meditek berpartisipasi dalam mendesiminasikan ilmu dalam bidang-bidang kedokteran dan kesehatan seperti bidang kedokteran klinis, kesehatan masyarakat, biologi dan biokimia kedokteran, biologi molekuler, bioinformatika, farmasi dan ilmu biomedik lainnya. Jurnal Kedokteran Meditek diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana.

    Pada edisi ini diterbitkan 15 naskah yang terdiri dari 8 naskah penelitian, 1 laporan kasus, dan 6 naskah tinjauan pustaka. Sebanyak 39 penulis terlibat dalam penulisan naskah yang berafiliasi dengan 5 institusi berbeda, yaitu Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKRIDA, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, RSAB Harapan Kita, Jakarta, RSUP Sanglah, Denpasar, FK Universitas Cenderawasih/RSUD Abepura Jayapura. 

    Naskah yang berkaitan dengan bidang ilmu kedokteran jiwa mengetengahkan masalah adiksi internet dan stress, serta gambaran kesehatan mental pada murid SMA favorit di Jakarta. Naskah dalam bidang Ilmu penyakit syaraf melaporkan hasil penelitian kualitas tidur pada pekerja dengan jam kerja shift. Dari bidang ilmu penyakit dalam dan Paru melaporkan tinjauan pustaka diabetes mellitus sebagai factor resiko tuberculosis. Bidang mikrobiologi melaporkan hasil penelitian efektifitas desinfektan klorin terhadap pertumbuhan bakteri E. colie. Juga dilaporkan tinjauan mengenai efektifitas Endolysin Sal-1 terhadap MRSA. Bidang ilmu kesehatan kerja melaporkan resiko low back pain pada pekerja pabrik keramik.  Selain naskah tersebut, masih banyak naskah lain yang menarik dalam bidang radiologi dan histopatologi anatomi. Tim editorial berterimakasih kepada para Reviewer yang berkontribusi menelaah naskah secara substantive. 

    Selamat membaca

  • MEI - AGUSTUS
    Vol. 27 No. 2 (2021)

    Sidang Pembaca yang terhormat, Jurnal Kedokteran Meditek kembali hadir mendesiminasikan ilmu dari berbagai bidang berkaitan dengan kedokteran dan kesehatan. Pada edisi ini sebanyak 13 naskah dipublikasikan, terdiri dari 4 naskah artikel penelitian, 1 naskah laporan kasus, dan 8 naskah tinjauan pustaka. Selain Penulis yang berafiliasi dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKRIDA, Penulis lain berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah Arga Makmur, Bengkulu Utara, Rumah Sakit Umum Imanuel Sumba, Sumba Timur, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), RSPN dr. Cipto Mangunkusumo, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri, Jakarta, RS Paru dr. M. Goenawan Partowidigdo, Bogor. Keberagaman afiliasi penulis dari berbagai daerah di Indonesia menggambarkan bahwa Jurnal Kedokteran Meditek semakin dikenal dan menjadi alternative untuk berbagi ilmu. Naskah dari berbagai bidang ilmu dikaji dalam edisi ini, di antaranya bidang ilmu biomedik, anatomi, histopatologi anatomi, mikrobiologi, farmakologi, dermatologi, ilmu kesehatan anak, ilmu penyakit mata, dan ilmu bedah. Tidak lupa Tim editorial menghaturkan terima kasih kepada para Reviewer yang telah meluangkan waktu dan tenaga dalam menelaah naskah-naskah ini. Kiranya dapat bermanfaat bagi para pembaca.

  • JANUARI - APRIL
    Vol. 27 No. 1 (2021)

    Puji syukur pada Tuhan, Jurnal Kedokteran Meditek dapat kembali hadir mempublikasikan karya-karya ilmiah dari berbagai bidang ilmu kedokteran dan kesehatan. Sebanyak 12 naskah diterbitkan dalam edisi ini, terdiri dari 5 artikel penelitian, 1 laporan kasus, dan 6 naskah tinjauan pustaka. Naskah-naskah mencakup bidang ilmu kesehatan masyarakat, histopatologi anatomi, ilmu keperawatan, ilmu kesehatan anak, kesehatan kerja dan radiologi.  Artikel penelitian yang dilaporkan berkaitan dengan topik kader jumantik dan kasus DBD, pola asuh anak dan perkembangan social emosi, pengetahuan ibu dan pencegahan ISPA pada anak, latihan otot dasar panggul dan pencegahan konstipasi, dan gambaran pasien dengan benjolan payudara di Yayasan Kanker Indonesia. Laporan kasus memaparkan penggunaan CT scan dan ultrasonografi dalam diagnosis apendisitis. Berbagai topik diangkat dalam kajian pustaka seperti cedera tungkai atas dan panjang femur, kualitas tidur dan kesehatan mental, gambaran mikroskopik paru akibat paparan rokok elektrik, kajian in vivo obat luka berbahan dasar beberapa tanaman obat, varicela dan kondisi imunokompromais, serta biomonitoring pajanan pestisida organoposfat pada para petani. 

    Kami berterima kasih kepada para Reviewer yang telah menyumbangkan keahlian dalam bidang masing-masing untuk meningkatkan mutu substantive naskah-naskah di atas. Tidak lupa kami mengundang para pembaca untuk mendesiminasikan ilmu bersama Jurnal Kedokteran Meditek. Akhir kata kami ucapkan selamat membaca.

  • SEPTEMBER - DESEMBER
    Vol. 26 No. 3 (2020)

    Di tengah kondisi pandemic Covid-19, Jurnal Kedokteran Meditek tetap setia hadir mendesiminasikan karya-karya ilmiah. Sebanyak 10 artikel diterbitkan dalam edisi ini, terdiri dari 7 artikel penelitian, 1 naskah laporan kasus, dan 2 naskah tinjauan pustaka. Sebanyak 28 penulis turut berkontribusi dalam edisi ini yang berasal dari 5 afiliasi yang berbeda, yaitu Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKRIDA, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya, STIK Sint Carolus, dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo Beragama. Bidang-bidang ilmu yang diketengahkan meliputi ilmu kesehatan masyarakat, mikrobiologi, fisiologi, parasitologi, radiologi, dan kedokteran gigi. Tim redaksi mengucapkan terima kasih atas kontribusi para penulis. Kami juga berterima kasih untuk peran serta para Reviewer yang meluangkan waktu dan tenaga mengkaji naskah, guna meningkatkan mutu naskah yang diterbitkan. Akhir kata kami ucapkan selamat membaca. 

  • MEI-AGUSTUS
    Vol. 26 No. 2 (2020)

    Jurnal Kedokteran Meditek hadir untuk mendesiminasikan ilmu dalam ruang lingkup bidang ilmu kedokteran dan kesehatan. Dalam edisi ini diterbitkan 9 naskah yang terdiri dari 8 naskah penelitian dan 1 naskah tinjauan pustaka. Naskah bidang mikrobiologi mengkaji perbandingan tingkat kontaminasi kultur Mycobacterium pada dua jenis media. Selain itu juga dilaporkan penelitian berkaitan kontaminasi bakteri coliform pada minuman yang disajikan di rumah makan tenda. Penelitian yang melibatkan para siswa SMA sebagai responden mengkaji masalah personal hygiene. Juga dilaporkan hasil penelitian pada subyek vegetarian berkaitan dengan kadar Hb dan asupan vitamin B12. Risiko kejadian carpal tunnel syndrome diteliti dan dilaporkan dengan memakai subyek para karyawan administrasi di Ukrida. Dalam edisi ini dibahas juga mengenai khasiat minyak kayu putih. Juga diangkat hubungan antara berat badan dan kualitas tidur. Hubungan aktivitas fisik dan perilaku makan dengan status gizi diteliti dan dilaporkan pada pelajar SD. Tidak kalah menarik adalah tinjauan pustaka yang mengangkat masalah obesitas sebagai prognosis buruk anak dengan leukemia limfoblastik akut.  

    Tim editorial berterimakasih atas kontribusi para penulis dan para Reviewer. Selamat membaca.

  • JANUARI - APRIL
    Vol. 26 No. 1 (2020)

    Dengan perkembangan zaman, Jurnal Kedokteran MEDITEK dapat segera memuat artikel yang siap tampil secara online tanpa menunggu yang lainnya. Jurnal Kedokteran MEDITEK mengundang para penulis untuk segera mengirimkan naskahnya untuk ini dapat langsung memperkaya ilmu pengetahuan para pembaca.

     Jurnal Kedokteran MEDITEK edisi kali ini mengangkat masalah-masalah kesehatan mumpuni terkait gaya hidup zaman sekarang. Dalam hal aktivitas, hal ini menyangkut nyeri punggung bawah akibat terlalu lama duduk (Merlinda, Rumiati, Sumbayak) dan gangguan terkait kecanduan permainan internet (online games) (Lukita, William, Sumadikarya, Rumiati). Masalah berat badan dan darah tinggi juga diangkat, baik dalam hal kaitannya dengan dysmenorrhea (Hartono, Leuhery) maupun dalam hal modalitas terapi High Intensity Focused Ultrasound untuk hipertensi resisten (Arisandi). Sejalan dengan peningkatan angka harapan hidup, juga mengangkat penelitian tentang kualitas hidup lansia terkait hidrasi kulit (Elizabeth, Tan, Firmansyah, Sylvana). Semoga artikel-artikel ini menambah pengetahuan pembaca.

     

     

    Salam,

    Theresia Citraningtyas, MWH, PhD, SpKJ

    Editor-in-chief

  • SEPTEMBER - DESEMBER
    Vol. 25 No. 3 (2019)

    Pada edisi kali ini, Jurnal Kedokteran Meditek mengangkat pentingnya peran bidang-bidang
    preklinik dalam kondisi kesehatan di masyarakat. Anatomi, mikrobiologi, patologi klinik,
    farmakologi, dan imunologi antara lain merupakan disiplin ilmu yang menopang upaya promotif,
    preventif, deteksi dini, dan penatalaksanaan berbagai masalah kesehatan. Bagian inti dari ilmu
    kedokteran tersebut diangkat dalam artikel-artikel edisi ini, dari “Uji Kadar Likopen dan Aktivitas
    Antioksidan pada Buah Tomat” yang menunjukkan bagaimana uji laboratorium menunjang peran
    promotif kesehatan secara umum melalui pemilihan bahan makanan, hingga pengobatan kondisi
    spesifik pada “Efektivitas Immunoterapi Dalam Tatalaksana Guillain-Barré Syndrome Pada
    Anak”. Di ranah preventif, edisi ini melakukan “Kajian Efek Rokok Elektrik terhadap
    Kesehatan”. Dalam hal kondisi normal yang memerlukan perhatian dalam pemeriksaan kedokteran,
    Jurnal Kedokteran Meditek kali ini membahas “Variasi Anatomi Pola Percabangan Arcus aorta”.
    Dalam hal patofisiologi dan deteksi dini, Jurnal Kedokteran Meditek membahas hiperurisemia pada
    kehamilan dan diabetes gestasional (“Hyperuricemia in Pregnancy and Gestational Diabetes”). Di
    tingkat penatalaksanaan yang adekuat, edisi ini menampilkan kajian tentang “Uji Fenotipik Deteksi
    Enzim Extended-Spectrum Beta Laktamase, Karbapenemase dan AmpC pada Bakteri
    Enterobacteriaceae”.
    Jurnal Kedokteran Meditek mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
    memungkinkan publikasi ini, terutama para pengulas internasional yang berkontribusi pada
    perkembangan ilmu kedokteran di Indonesia melalui masukan. Peran pengulas penting untuk semakin
    meningkatkan mutu publikasi ke skala internasional.
    Jurnal Kedokteran Meditek mengundang para peneliti, akademisi, klinisi, dan semua yang
    berminat untuk berbagi ilmu untuk mengirimkan tulisan untuk kita kaji bersama. Semoga artikel-
    artikel ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagai sumber pengembangan ilmu selanjutnya.
    Edisi kali ini juga tampil secara dwibahasa dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. This
    journal is bilingual. Writers are welcome to submit articles in English or Indonesian.
    Selamat membaca.

    Salam,
    dr. Theresia Citraningtyas, MWH, PhD, SpKJ
    Editor-in-chief

  • MEI - AGUSTUS
    Vol. 25 No. 2 (2019)

    Pada edisi kedua tahun ke-25 ini, Jurnal Kedokteran Meditek mengangkat masalah dan inovasi di bidang ilmu kedokteran dan biomedik yang berkaitan dengan masalah lingkungan. Jurnal Kedokteran Meditek kali ini menyajikan penelitian tentang dampak penggunaan daun maja sebagai bagian dari pemberantasan nyamuk terhadap organisme lainnya, tungau debu di komunitas, serta kualitas air yang diproses menggunakan smart water station. Dalam hal upaya peningkatan kesehatan terkait potensi sumber daya alam dari lingkungan, Jurnal Kedokteran Meditek menyajikan penelitian yang menelaah apakah lama penyimpanan jus buah berpengaruh pada kadar antioksidan. Berkaitan dengan lingkungan sosial, disajikan penelitian gambaran penderita HIV/AIDS sebagai penyakit yang penyebarannya berkaitan lingkungan sosial. Untuk merangsang dan mendukung penelitian lainnya dalam ilmu kedokteran dan biomedik lebih lanjut yang berkaitan dengan sumber daya lingkungan, disuguhkan tinjauan tentang penggunaan larva ikan zebra untuk penelitian farmakotoksisitas.

  • JANUARI - APRIL
    Vol. 25 No. 1 (2019)

    Jurnal Kedokteran Meditek volume 25 edisi 1 ini akan mengangkat masalah-masalah kesehatan dan
    biomedik yang penting di Indonesia terkait gaya hidup. Indonesia mengalami paradoks dan beban ganda
    dalam hal kesehatan, Di satu pihak kita menghadapi masalah kronis seperti hipertensi dan obesitas, di lain
    pihak kita masih menghadapi masalah stunting. Kita menghadapi masalah fisik seperti polip kolorektal,
    maupun masalah mental seperti kecemasan. Untuk penelitian intervensi solutif terhadap masalah-masalah
    terkait gaya hidup, Jurnal Kedokteran Meditek menyajikan penelitian bawang simbak dalam mencegah
    kerusakan ginjal, serta dampak Tai chi pada hipertensi. Untuk menggugah pemikiran lebih lanjut,
    disuguhkan tinjauan apakah asam klorogenat dalam kopi dapat mengatasi asam urat?

1-25 of 71