Motivasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Authors

  • Budiman Hartono Universitas Kristen Krida Wacana

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v22i59.1278

Abstract

Abstrak

Motivasi mengacu pada alasan yang mendasari perilaku seseorang yang ditandai dengan kesediaan dan kemauan dari orang tersebut. Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan, tidak ada kegiatan belajar yang efektif tanpa motivasi. Ada  dua motivasi yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Kedua motivasi ini menentukan pendekatan pembelajaran dari seorang mahasiswa. Dalam proses belajar, ada tiga pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan oleh mahasiswa, yaitu Surface learning approach, Deep learning approach, dan Achieving learning approach.

 

Kata kunci: Motivasi, Motivasi instrinsik, Motivasi ekstrinsik, pendekatan pembelajaran.

 

 

Abstract

Motivation refers to reasons that underlie behavior that is characterized by willingness and volition.  In the process of learning, motivation is required, there is no effective learning activities without motivation. There are two motivations; intrinsic motivation and extrinsic motivation . These two motivations determine the student’s learning approach. In the learning process, there are three learning approaches that can be applied by students ; Surface learning approach, deep learning approach, and achieving learning approach

 

Keywords: Motivation, intrinsic motivation, extrinsic motivation, learning approaches

Author Biography

Budiman Hartono, Universitas Kristen Krida Wacana

Staf Pengajar Bagian Biologi

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana

Downloads

Published

2017-04-03

How to Cite

Hartono, B. (2017). Motivasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Kedokteran Meditek, 22(59). https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v22i59.1278

Issue

Section

Artikel Penelitian