Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Mengakses Situs Pornografi terhadap Nilai Akademis Pelajar SMA Kota Bogor

Authors

  • Evi Ulina Margareta Situmorang Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia
  • J. Antonio Muhaji Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia
  • Laurentius Aswin Pramono Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Gizi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia
  • Mariani Santosa Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia
  • Lonah Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia
  • Bryan Nathaniel Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v30i2.2545

Keywords:

Game online, nilai akademis, pelajar SMA, situs pornografi

Abstract

Mayoritas siswa SMP dan SMA di kota Jakarta dan Banten telah terpapar konten pornografi dan ditemukan peningkatan akses internet, terutama situs pornografi dan game online, di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku mengakses situs pornografi serta bermain game online terhadap nilai akademis pada pelajar SMA di kota Bogor di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain potong-lintang dengan menggunakan data kuesioner yang diambil menggunakan aplikasi Zoom. Penelitian dilakukan di SMA X di Bogor dan melibatkan 107 responden dan metode analisis dalam penelitian ini adalah uji Chi-Square. Variabel bebas penelitian ini adalah pengetahuan, sikap, dan perilaku pelajar SMA. Adapun variabel terikat dalam penelitian ini adalah nilai akademis. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku pelajar SMA dalam mengakses situs pornografi dan bermain game online dengan nilai akademis dengan nilai p = 0,109; 0,869; 0,258 secara berurutan. Disimpulkan dalam penelitian ini bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku mengakses situs pornografi serta bermain game online terhadap nilai akademis pada pelajar SMA di kota Bogor di masa pandemi COVID-19.

References

Dubey MJ, Ghosh R, Chatterjee S, Biswas P, Chatterjee S, Dubey S. COVID-19 and addiction. Diabetes Metab Syndr. 2020;14(5):817–23.

Mestre-Bach G, Blycker GR, Potenza MN. Pornography use in the setting of the COVID-19 pandemic. J Behav Addict [Internet]. 2020;9(2):181–3. Available from: https://akjournals.com/view/journals/2006/9/2/article-p181.xml

Fineberg NA, Demetrovics Z, Stein DJ, Ioannidis K, Potenza MN, Grünblatt E, et al. Manifesto for a European research network into Problematic Usage of the Internet. European Neuropsychopharmacology [Internet]. 2018;28(11):1232–46. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0924977X18303067

Vondráčková P, Gabrhelík R. Prevention of Internet addiction: A systematic review. J Behav Addict [Internet]. 2016;5(4):568–79. Available from: https://akjournals.com/view/journals/2006/5/4/article-p568.xml

Maisya IB, Masitoh S. Derajat keterpaparan konten pornografi pada siswa SMP dan SMA di DKI Jakarta dan Banten Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi. 2019;10(2):117–26.

Saputra Y, Suryani S, Azhar B. Hubungan paparan pornografi melalui media sosial internet terhadap motivasi belajar mahasiswa. Al-Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences). 2020;9(2):122–30.

Sivrikaya AH. The Relationship between academic motivation and academic achievement of the students. Asian Journal of Education and Training. 2019;5(2):309–15.

Zhu J, Zhang W, Yu C, Bao Z. Early adolescent Internet game addiction in context: How parents, school, and peers impact youth. Comput Human Behav. 2015;50:159–68.

Adiele I, Olatokun W. Prevalence and determinants of internet addiction among adolescents. Comput Human Behav. 2014;31:100–10.

Ambad SNA, Kalimin KM, Yusof Kmaak. The Effect of internet addiction on students’emotional and academic performance. E-Academia Journal. 2017;6(1).

Khan MA, Alvi AA, Shabbir F, Rajput TA. Effect of internet addiction on academic performance of medical students. Journal of Islamic International Medical College (JIIMC). 2016;11(2):48–51.

Geng J, Han L, Gao F, Jou M, Huang CC. Internet addiction and procrastination among Chinese young adults: A moderated mediation model. Comput Human Behav. 2018;84:320–33.

Kandemir M. Predictors of academic procrastination: coping with stress, internet addiction and academic motivation. World Appl Sci J. 2014;32(5):930–8.

Siddiqi S, Memon ZA. Internet addiction impacts on time management that results in poor academic performance. In: 2016 International Conference on Frontiers of Information Technology (FIT). IEEE; 2016. p. 63–8.

Demir Y, Kutlu M. Relationships among internet addiction, academic motivation, academic procrastination, and school attachment in adolescents. International Online Journal of Educational Sciences. 2020;10(5):315–32.

Notoatmodjo S. Metodologi penelitian kesehatan. 2005;

Karaşar B, KAPÇI GE. Examining school attachment and academic success in terms of different variables. Ankara University Journal of Faculty of Educational Sciences (JFES). 2016;49(1):21–42.

Trolian TL, Jach EA, Hanson JM, Pascarella ET. Influencing academic motivation: The effects of student–faculty interaction. J Coll Stud Dev. 2016;57(7):810–26.

Oz H. Academic motivation and academic achievement among preservice english teachers: A structural equation modeling approach. The Anthropologist. 2016;25(3):240–8.

Riley MK. The influence of achievement motivation, academic self-concept and the student teacher relationship in predicting school engagement. University of the Pacific; 2013.

Published

2024-05-30

How to Cite

Situmorang, E. U. M. ., Muhaji, J. A. ., Pramono, L. A., Santosa, M. ., Lonah, & Nathaniel, B. . (2024). Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Mengakses Situs Pornografi terhadap Nilai Akademis Pelajar SMA Kota Bogor. Jurnal Kedokteran Meditek, 30(2), 53–58. https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v30i2.2545

Issue

Section

Artikel Penelitian