Patofisiologi dan Patogenesis Kardiomiopati

Authors

  • William . Universitas Kristen Krida Wacana

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v20i52.1009

Abstract

Abstrak

Kardiomiopati adalah sekumpulan kelainan pada otot jantung dan seringkali berakhir dengan gagal jantung. Penyakit ini diklasifikasikan berdasarkan bentuk perubahan anatominya menjadi tiga yaitu kardiomiopati dilatasi, hipertrofik dan restriktif. Etiologi dari masing-masing kardiomiopati sangat banyak dan sangat mungkin bertambah seiring bertambahnya ilmu pengetahuan dan beberapa pengetahuan mengenai penyakit ini yang masih perlu untuk diteliti lebih lanjut, pada makalah ini akan dibahas detail mengenai kardiomiopati dari aspek patofisiologi dan patogenesisnya.

 Kata kunci: Kardiomiopati, otot jantung, gagal jantung

 

 

Abstract Cardiomyopathy is a disease that affect heart muscle and often ended with heart failure. This disease can be classified into dilated, hypertrophic and restrictive type. The cause of each type is a lot and in time there will be added even more. This review will be discussed especially about the pathophysiology and the pathogenesis of the disease.

Key words: Cardiomyopathy, heart muscle, heart failure 

Downloads

Published

2015-04-16

How to Cite

., W. (2015). Patofisiologi dan Patogenesis Kardiomiopati. Jurnal Kedokteran Meditek, 20(52). https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v20i52.1009

Issue

Section

Artikel Penelitian