Inovasi Kurikulum dengan Praktik Kejujuran Akademik di Fakultas Kedokteran X

Authors

  • Mirza Indrajanti Satriabudi Ukrida

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v21i57.1170

Abstract

Abstrak

            Kurikulum adalah dokumen tertulis yang menggambarkan kegiatan pembelajaran, sasaran pembelajaran, metoda pengajaran yang digunakan, jumlah waktu yang digunakan pada setiap bagian pembelajaran dan metoda yang digunakan untuk menilai siswa. Langkah-langkah penyusunan kurikulum dilakukan menurut sepuluh pertanyaan dari Harden. Dari sepuluh pertanyaan tersebut, dalam hal ini inovasi erat hubungannya dengan persetujuan isi kurikulum yang terdapat dalam silabus, handout yang berhubungan dengan topik dalam kuliah dan buku pedoman belajar mahasiswa. Kurikulum tidak boleh statis, harus diperbaiki sehingga membutuhkan inovasi. Untuk inovasi kurikulum tersebut dibutuhkan langkah-langkah menurut konsep Rogers yang terdiri atas lima langkah.

          Dalam makalah ini akan dibahas kurikulum inovasi dengan memasukkan content dan praktik kejujuran akademik. Topik kejujuran akademik sangat penting diberikan sejak awal kepada mahasiswa, yang membahas mengenai berbagai macam ketidakjujuran akademik seperti plagiarisme, mencontek, rekayasa data, dan lain-lain. Metoda yang dilakukan adalah dengan membuat modul kejujuran akademik untuk dikuliahkan kepada mahasiswa. Modul kejujuran akademik akan dibuat menurut rancangan pengajaran menurut Kemp yang terdiri atas delapan komponen. Modul tersebut rencananya akan diterapkan di  Fakultas Kedokteran X.

         Disimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum dilakukan dengan memerhatikan kemampulaksanaan dan atmosfir pendidikan. Walaupun mungkin sulit untuk menghilangkan tindakan ketidakjujuran akademik, tetapi kita berusaha untuk meminimalisasinya.

 

Kata kunci: Kurikulum, kurikulum inovasi, kejujuran akademik                              

 

Abstract

          Curriculum is a written document which describes learning activities, learning objectives, the use of teaching method, the duration in every learning activities and the student assessment method.  The curriculum arrangement steps are done according to 10 questions of Harden.  These 10 questions are related to the agreement of curriculum content in syllabus, handout related to the topic of  the course and student’s study guide book.   Curriculum may not be static, therefore it needs improvement and innovation. According to Roger’s concept, there are 5 steps needed  in innovative curriculum

        This paper will overview innovative curriculum including the content and academic honesty practice. The topic of academic honesty is very important to be given at the early years of the course which overview about academic dishonesty such as plagiarism, cheating, data manipulation, etc. The method is to make an academic honesty module which lectured will be given to the  student. This module will made using  Kemp’s instructional design which consist of 8 components. Academic honesty the  module will apply at Faculty of Medicine X.

       The conclusion is implementation this curriculum is carried out with the concern of curriculum planning and educational environment. Although maybe it  is difficult to eliminate this  academic dishonesty, however we have to minimalize it.

 

Key words: Curriculum, innovative curriculum, academic honesty


 

Author Biography

Mirza Indrajanti Satriabudi, Ukrida

Dosen Bagian Fisiologi Fakultas Kedokteran Ukrida

Downloads

Published

2016-05-27

How to Cite

Satriabudi, M. I. (2016). Inovasi Kurikulum dengan Praktik Kejujuran Akademik di Fakultas Kedokteran X. Jurnal Kedokteran Meditek, 21(57). https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v21i57.1170

Issue

Section

Artikel Penelitian