Gangguan Fungsi Tiroid pada Penggunaan Amiodaron

Authors

  • David Susanto
  • Visakha Revana Irawan

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v22i58.1267

Abstract

Abstrak

Amiodaron merupakan obat anti aritmia yang efektif untuk mengontrol ritme aritmia yang mengancam, namun pengobatan ini dapat memberikan berbagai efek samping. Disfungsi tiroid merupakan efek samping yang cukup sering terjadi selama terapi amiodaron. Hal ini disebabkan karena tingginya jumlah ion iodin dan adanya hambatan pada aktivitas enzim deiodinase. Disfungsi tiroid yang disebabkan oleh amiodaron, memiliki variasi klinis, mulai dari tanpa gejala, hipotiroid, hingga tirotoksikosis. Di perlukan pemantauan pengobatan jangka panjang karena eliminasi amiodaron yang memanjang dan waktu paruh yang terkait dengan komplikasinya.

 

Kata Kunci: amiodaron, gangguan tiroid, hipotiroid, tirotoksikosis

 

 

Abstract

Amiodarone is an effective anti arrhytmic agent to control the rhytm of life threatening arrhytmia but will causevarious side effects. Thyroid dysfunction is not uncommon during amiodarone therapy and is caused by iodide excess and inhibition of deiodinase activity. Amiodarone induced thyroid dysfunction and it varies from asymptomatic variation in thyroid function to clinically hypothyroidism and thyrotoxicosis. Amiodarone should be monitored due to its prolong elimination and half life which is associated with its complication.

 

Keywords: amiodarone, hypothyroidism, thyroid disorder, thyrotoxicosis

Author Biographies

David Susanto

Dokter di RSU Dr. Sayidiman, Magetan, Jalan Pahlawan No. 2, Kota Magetan, Jawa Timur, Indonesia

Visakha Revana Irawan

Dokter di Tangerang, Banten, Indonesia

Downloads

Published

2017-04-03

How to Cite

Susanto, D., & Irawan, V. R. (2017). Gangguan Fungsi Tiroid pada Penggunaan Amiodaron. Jurnal Kedokteran Meditek, 22(58). https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v22i58.1267

Issue

Section

Artikel Penelitian