Penerapan Standard Setting dengan Metoda Angoff, Modified Angoff, Ebel, dan Contrasting Groups

Authors

  • Darminto Salim Universitas Kristen Krida Wacana

DOI:

https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v18i48.910

Abstract

Abstrack

Standard setting merupakan salah sau komponen penting dalam evaluasi pembelajaran. Ada dua tipe standar evaluasi dalam institusi, pendidikan yaitu : standar relative dan standar absolut. Standar setting bertujuan untuk menentukan nilai batas lulus. Penerapan standard seting tidak berttujuan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang lulus. Setiap institusi pendidikan berhak menentukan standard setting yang digunakan, tergantung kemampuan institusi tersebut. Peran serta standard setting dalam dunia pendidikan adalah: untuk menentukan bahwa peserta ujian yang lulus telah memenuhi kriteria minimal yang disyaratkan, nilai batas lulus suatu ujian berbeda-beda tergantung dari tujuan ujian tersebut, dan mencegah mahasiswa yang tidak pantas lulus menjadi lulus. Bagi masyarakat pengguna jasa lulusan mendapatkan lulusannya lebih kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Penerapan standard setting, dapat diterapkan pada semua evaluasi, baik paa institusi pendidikan kedokteran maupun diluar kedokteran.



Kata kunci : standard setting, nilai batasan lulus, metoda angoff

Published

2014-07-25

How to Cite

Salim, D. (2014). Penerapan Standard Setting dengan Metoda Angoff, Modified Angoff, Ebel, dan Contrasting Groups. Jurnal Kedokteran Meditek, 18(48). https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v18i48.910

Issue

Section

Artikel Penelitian